alexametrics

Sepanjang 2020, Aliran Modal Asing Keluar Capai Rp140,13 Triliun

loading...
A+ A-
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mencatat keluarnya aliran modal asing selama sepakan ini terus menurun. Adapun berdasarkan data setelmen 23 sampai 26 Maret 2020, nonresiden di pasar keuangan domestik net jual Rp25,05 triliun.

Sedangkan aliran modal asing yang keluar sepanjang Januari hingga Maret 2020 untuk nonresiden di pasar keuangan domestik tercatat net jual Rp140,13 triliun (termasuk data crossing saham), terutama dikontribusi dari pasar SBN (Surat Berharga Negara).

"Meredanya kepanikan di pasar keuangan mendorong Premi CDS (Currency Default Swap)," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo di Jakarta, Jumat (27/3/2020).



Sedangkan berdasarkan data transaksi 23-26 Maret 2020, nonresiden di pasar keuangan domestik net jual Rp9,93 triliun dengan net jual di pasar SBN sebesar Rp10,0 triliun dan di pasar saham sebesar Rp0,07 triliun. BI terus memperkuat kebijakan stabilisasi nilai tukar Rupiah sesuai dengan fundamentalnya dan bekerjanya mekanisme pasar.

"Untuk itu, BI terus meningkatkan intensitas stabilisasi di pasar DNDF (Domestic Non Deliverable Forward), pasar spot dan pembelian SBN (Surat Berharga Negara) dari pasar sekunder," jelasnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top