alexametrics

AP I: 53 Rute dan 18.300 Penerbangan Dibatalkan Efek Corona

loading...
A+ A-
JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) mencatat banyak maskapai penerbangan yang telah melakukan pembatalan rute penerbangan. Hal ini dikarenakan dampak virus corona (Covid-19) yang meluas di Indonesia membuat maskapai memilih membatalkan penerbangan dikarenakan tingkat okupansi penumpang yang rendah.

Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan, sebanyak 53 operasional penerbangan yang dibatalkan. Padahal setiap harinya bandara yang dikelola AP I ini mencatat 168 operasional penerbangan dan sekarang menjadi 135 penerbangan.

"Terkait dengan cancel flight, jadi cancel flight yang dilakukan ini adalah memang keputusan yang dilakukan oleh masing-masing maskapai karena kondisi penumpang yang menurun cukup signifikan," ujar Faik di Jakarta, Sabtu (28/3/2020).



AP I juga mencatat ada sekitar 18.300 penerbangan dibatalkan pada periode Januari-Maret 2020. Pembatalan tersebut terjadi di tengah wabah corona yang meluas di Indonesia.

Dia mencontohkan, gambaran kondisi normal untuk penumpang yang datang dan berangkat di Bandara YIA per hari rata-rata perhari sekitar 18.000 penumpang per hari, artinya ada 9.000 berangkat serta ada 9.000 datang.

Hal itu berbanding terbalik dalam kondisi 3 hari terakhir ini terjadi penurunan yang cukup signifikan."Dimana rata-rata per hari itu hanya sekitar 7.000 sampai 8.000 penumpang per hari," jelasnya

Dia pun menambahkan untuk operasional keberangkatannya masih agak lumayan lebih tinggi, sedangkan justru kedatangan menurun lebih banyak. "Inilah yang mendasari beberapa airline cancel, karena tingkat isian mereka sangat terbatas sehingga beberapa airline memutuskan untuk menghentikan penerbangan sementara," ungkapnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top