alexametrics

Menko Luhut Bakal Rapat Bahas Lockdown Jakarta

loading...
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman bakal segera membahas mengenai opsi karantina wilayah atau lockdown daerah yang terkena pandemi virus corona (Covid-19).

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, opsi karantina wilayah ini akan dibahas bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B Pandjaitan yang saat ini juga menjabat sebagai Plt Menteri Perhubungan. "Rencananya begitu. Pak Menko Maritim yang rapat setingkat menteri," ujar Budi saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Minggu (29/3/2020).

Dia melanjutkan, Jakarta kemungkinan besar akan dikarantina. Hal itu untuk mempersempit ruang penyebaran virus corona di wilayah Ibu Kota dan agar tidak terus menyebar ke luar daerah. "Jakarta kemungkinan besar akan dikarantina," katanya.



Kendati demikian, wacana ini baru akan diputuskan setelah melakukan rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo dan kementerian lainnya pada hari ini, Senin (30/3). "Hari Senin presiden akan putuskan larangan mudik seperti apa," jelasnya.

Sebelumnya, Kemenhub juga menyampaikan rencana membatasi operasional akses bus antar kota antar provinsi (AKAP) dari dan keluar DKI Jakarta. Pembatasan ini dilakukan dikarenakana telah terjadi lonjakan arus penumpang dengan transportasi bus ke beberapa kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Staf Khusus Kemenhub Bidang Komunikasi Adita Irawati mengatakan, adanya lonjakan pemudik ini dikhawatirkan dapat memperluas penyebaran virus Covid 19 dari DKI Jakarta yang merupakan zona merah ke luar DKI Jakarta khususnya Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.
(ind)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top