Wabah Corona, Edhy Prabowo Maksimalkan Perizinan Ekspor Secara Online

Rabu, 01 April 2020 - 22:26 WIB
Wabah Corona, Edhy Prabowo Maksimalkan Perizinan Ekspor Secara Online
Wabah Corona, Edhy Prabowo Maksimalkan Perizinan Ekspor Secara Online
A A A
JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kantor Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (Balai KIPM) Jakarta II di Kawasan Jalan Enggano, Tanjung Priok Jakarta Utara. Kunjungan ini dilakukan usai melepas ekspor hasil perikanan di kawasan Koja.

Edhy memotivasi jajarannya untuk tetap semangat dan memberikan pelayanan maksimal meski di tengah pandemi Covid-19. Selain itu, dirinya meminta agar mekanisme perizinan secara daring (online) lebih dimaksimalkan.

"Saya minta kepada jajaran saya untuk memangkas prosedur yang panjang serta mengubah proses perizinan terkait ekspor menjadi online sehingga lebih murah dan cepat," kata Edhy di kantor BKIPM Jakarta II, Rabu (1/4/2020).

Usai berbincang dengan pegawai BKIPM Jakarta II, Edhy meninjau Pelayanan Perizinan Perkarantinaan terkait ekspor hasil perikanan. Ia pun optimis ke depan makin banyak hasil perikanan yang diekspor ditengah situasi wabah Covid-19 saat ini.

BKIPM, lanjut Edhy, tetap bertugas di pintu-pintu ekspor seperti Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Pelabuhan Panjang Lampung, serta Pelabuhan Belawan Medan.

"Pesan saya untuk anda semua, tetap jaga kesehatan agar kita dapat berjuang untuk menjalankan roda perekonomian kita melalui ekspor hasil perikanan," sambungnya.

Sebelumnya, Edhy melepas 32.021,2 ton ekspor hasil perikanan ke 13 negara seperti Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Mauritus, Reunion, Taiwan, Thailand, Amerika Serikat, Vietnam dan Lithuania.

Nilai ekspor yang dilepas dari Jakarta ini mencapai Rp194,6 miliar. Menggunakan KM OOCL Guangzhou, hasil perikanan tersebut berasal dari 36 perusahaan Indonesia yang dikemas dalam 115 unit kontainer.

Komoditas perikanan dan kelautan yang diekspor pada hari ini terdiri dari 28 jenis yaitu udang, cumi, paha kodok, sotong, cunang, cakalang, yellow fins tuna, kakap merah, kerupuk ikan. Kemudian bawal putih, kepiting kaleng, udang asin, tepung ikan, minyak ikan, keong kaleng, tempura udang, loin tuna, ikan kakak tua, ikan layaran, ikan kerapu, marlin, kepiting salju, ikan gulama, ikan barakuda, ikan cobia, ikan sebelah dan tepung udang.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7992 seconds (0.1#10.140)