alexametrics

Mobilitas Masyarakat ke Luar Jakarta Pengaruhi Skenario Perekonomian

loading...
A+ A-
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, pergerakan masyarakat Jakarta ke berbagai daerah akan mempengaruhi skenario perekonomian. Sebab, pergerakan itu berpotensi menyebarkan wabah virus corona (Covid-19) semakin luas ke daerah-daerah di Indonesia.

"Minggu lalu terjadi pergerakan manusia dari wilayah Jakarta ke berbagai daerah, Jabar, Jateng, Jogja, Jatim bahkan juga ke beberapa daerah di luar Jawa. Nah kalau what if ini terjadi, makanya penyebaran Covid-19 akan meluas," ujar Perry di Jakarta, Kamis (2/4/2020)

Menurutnya, pemerintah harus segera melakukan antisipasi berkoordinasi dengan gubernur di seluruh provinsi. Sebab, jika penyebaran Covid-19 meluas dampaknya akan memperburuk perekonomian. "Covid-19 akan menyebar, tentu kematian pun bisa lebih banyak. Aspek kemanusiaan lebih buruk kalau tidak melakukan langkah bersama," imbuhnya.



Perry menjelaskan, dalam konteks tersebut, perlu adanya kemampuan dalam pembiayaan untuk mengatasi permasalahan di bidang kesehatan saat ini. Maka itu perlu adanya tambahan anggaran di sektor kesehatan, jaminan sosial, serta pemulihan ekonomi.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top