Yuk, Wakaf Buat RS Container COVID-19

loading...
Yuk, Wakaf Buat RS Container COVID-19
Yuk, Wakaf Buat RS Container COVID-19
JAKARTA - COVID-19 telah menjadi pandemi di planet bumi, tidak terkecuali Indonesia yang menjadi salah satu dari sekitar 200 negara yang terjangkit virus mematikan itu. Hingga 2 April 2020, pemerintah masih melaporkan adanya peningkatan jumlah orang yang terkonfirmasi positif COVID -19 menjadi 2.491 kasus, dimana 1.508 orang diantaranya sedang dirawat.

Tingginya jumlah orang yang dirawat karena terjangkit COVID–19 telah menggerakan beberapa pihak untuk membantu pemerintah menyiapkan sarana ruang isolasi. Seperti yang dilakukan oleh salah satu perusahaan anak BNI, yaitu BNI Syariah, bekerja sama dengan Lembaga Amil Zakat Nasional, Dompet Dhuafa. Mereka menyiapkan Rumah Sakit Container COVID-19.

Melalui kerja sama ini diharapkan dapat terbangun fasilitas kesehatan RS Container COVID-19 di RST Dompet Dhuafa, Parung, Bogor, Jawa Barat. Fasilitas ini dapat membantu masyarakat dalam menghadapi wabah COVID-19, terutama para pasien penderita Corona dan melindungi para santri di Pesantren dari risiko tertular wabah tersebut. “RS Container COVID -19 terdiri atas 10 rangkaian dan difungsikan sebagai ruang isolasi, bersifat portable, ramah lingkungan, proses pembuatan cepat dan tahan lama,” ujar Direktur Kepatuhan BNI Syariah Tribuana Tunggadewi di Jakarta dalam keterangan tertulisnya hari ini.

BNI Syariah dan Dompet Dhuafa dalam kerja sama ini berperan untuk melakukan penggalangan dana Wakaf yang akan digunakan untuk membangun RS Container COVID-19. Dana Wakaf tersebut dihimpun melalui platform Wakaf Hasanah BNI Syariah, dengan target dana yang terkumpul sebanyak Rp250 juta.



Platform Wakaf Hasanah BNI Syariah merupakan wakaf melalui uang untuk proyek wakaf yang dapat diakses wakif (orang yang akan berwakaf) melalui website dan aplikasi Wakaf Hasanah dengan pembayaran melalui transfer ke rekening Virtual Account. Wakaf uang yang terkumpul dari wakif melalui Wakaf Hasanah akan didistribusikan kepada nazhir (pengelola dana wakaf) dengan proyek yang sudah wakif pilih.

Dalam kaitan COVID-19 kali ini proyek dimaksud adalah Proyek Pembangunan RS Container COVID-19, dengan Nazhir – nya adalah Dompet Dhuafa. Adapun masyarakat yang hendak menjadi wakif dapat mengakses aplikasi versi android Wakaf Hasanah atau via website https://wakafhasanah.bnisyariah.co.id/. Saat ini ada total 26 nazhir yang bergabung di dalam Wakaf Hasanah dengan total wakif sebanyak 7.005. Total dana terhimpun melalui Wakaf Hasanah sebesar Rp7,82 miliar dari 60 project yang sudah berjalan.

Direktur Mobilisasi Wakaf Dompet Dhuafa, Yuniarko Sukendro mengatakan RS Container adalah salah satu solusi cepat dan tepat untuk membuat ruang isolasi pasien dalam pengawasan (PDP) COVID -19 di tengah terbatasnya ruang isolasi yang tersedia di Indonesia.



Dengan adanya RS Container ini diharapkan akan menambah harapan hidup pasien COVID -19. Selain itu diharapkan pasien dapat tertangani dengan baik sehingga angka kematian serta penularan virus corona bisa segera teratasi.
halaman ke-1 dari 2
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top