April-Juni, KKP Estimasi Panen Perikanan Budidaya Capai 450.000 Ton

Selasa, 07 April 2020 - 14:25 WIB
April-Juni, KKP Estimasi Panen Perikanan Budidaya Capai 450.000 Ton
April-Juni, KKP Estimasi Panen Perikanan Budidaya Capai 450.000 Ton
A A A
JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memastikan pelaku usaha perikanan budidaya tanah air tetap berproduksi di tengah pandemi virus corona (Covid-19). KKP mengestimasi panen komoditas sektor ini mencapai 450.000 ton sepanjang April hingga Juni 2020.

Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Edhy Prabowo menjelaskan, komoditas perikanan budidaya yang dimaksud meliputi ikan air tawar, ikan laut non-udang, dan udang. Rinciannya, estimasi panen ikan air tawar sebanyak 341.494 ton; budidaya ikan laut non-udang 4.400 ton; dan udang 104.941 ton.

Lokasi panen tersebar di sejumlah wilayah seperti Aceh, Bengkulu, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Kepri, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Bali, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Kalimantan hingga Maluku.

"Itu angka estimasi hasil panen tiga bulan, dari April sampai Juni 2020," ujar Menteri Edhy di Jakarta, Selasa (7/4/2020).

Dia melanjutkan, untuk mendukung perikanan budidaya terus berjalan di tengah pandemi corona, Gabungan Pengusaha Makanan Ternak (GPMT) diminta mempertimbangkan penundaan kenaikan harga pakan ikan dan udang. Menurutnya, sinergi dan saling mendukung sangat dibutuhkan saat ini agar roda ekonomi tetap berjalan dan pembudidaya tetap sejahtera.

"Kita memastikan usaha perikanan tangkap juga terus beraktivitas. Estimasi produksi perikanan laut sepanjang April hingga Juni 2020 mencapai 1,6 juta ton," katanya.

Lebih lanjut Edhy menjelaskan, sejak mewabahnya virus corona di Indonesia dan negara-negara lain di dunia, harga udang dan ikan air payau laut hasil budidaya mengalami penurunan 20-30%. Penurunan harga ini sejalan dengan menurunnya permintaan imbas tutupnya banyak restoran di Indonesia dan dunia.

"Namun begitu, kebutuhan rumah tangga tidak pernah berhenti. Sehingga kami menghitung ini sementara (penurunannya). Begitu pandemi ini selesai, permintaan terhadap ikan dan kebutuhan pokok yang berbasis perikanan, akan meningkat," ujarnya.

KKP mengupayakan hasil produksi pembudidaya maupun nelayan tetap terserap. Sejumlah strategi sudah disusun, salah satunya dengan mengajak Kementerian Sosial dan pemerintah daerah (pemda) untuk memasukkan produk perikanan dalam paket bantuan ke masyarakat.

"Di Kemensos ada Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai. Seandainya dalam paket bantuan ada hasil perikanan, entah itu ikan segar atau ikan olahan, tentu produksi sektor perikanan bisa terserap," pungkas Edhy.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5298 seconds (0.1#10.140)