Jaga Daya Beli, Dua Program Bergerak Simultan

Selasa, 07 April 2020 - 18:18 WIB
Jaga Daya Beli, Dua Program Bergerak Simultan
Jaga Daya Beli, Dua Program Bergerak Simultan
A A A
JAKARTA - Guna menjaga daya beli masyarakat di masa pandemi virus corona (covid-19), Pemerintah tengah menyiapkan sejumlah program, khususnya untuk masyarakat miskin Pedesaan. Dalam Rapat Terbatas (ratas) Presiden Joko Widodo menginstruksikan agar para menterinya melakukan dua cara yang bergerak simultan yakni penyaluran program perlindungan sosial dan mempercepat pelaksanaan Program Padat Karya Tunai.

Menanggapi hal itu, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menuturkan bahwa program-program padat karya diberbagai Kementerian sudah ada. Untuk itu seluruh program ini nantinya akan diintegerasikan, baik programnya maupun waktu pelaksanaannya.

Airlangga mencontohkan, terdapat program dari Kementerian Pertanian antara lain perpipaan, pembuatan embung, dan rehabilitasi kebun yang programnya sebagian tersebar di 34 provinsi. "Di Kementerian Ketenagakerjaan misalnya, terdapat lokasi-lokasi (Balai Latihan Kerja) BLK Komunitas yang juga nanti akan di koordinasikan dengan Kementerian Desa (dan PDTT)," ujar Airlangga dalam ratas melalui telekonferensi, Selasa (7/4/2020).

Sambung dia menegaskan program-program yang ada di hampir setiap Kementerian tersebut akan dikoordinasikan dan akan ditentukan jadwalnya. "Akan ada keterbukaan informasi kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat mengetahui programnya ada dimana dan kapan," imbuhnya.

Presiden memberikan arahan agar Program Padat Karya Tunai harus diperbanyak. Selain itu, dalam pelaksanaan program juga harus memenuhi standar kesehatan atau physical distancing.

"Namun sesuai arahan Presiden yaitu tetap memperhatikan protokol kesehatan atau physical distancing, baik dari segi jumlah maupun segi cara," terangnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0771 seconds (0.1#10.140)