Menteri Basuki: Penundaan Ibu Kota Baru Tunggu Keputusan Jokowi

Rabu, 08 April 2020 - 04:11 WIB
Menteri Basuki: Penundaan Ibu Kota Baru Tunggu Keputusan Jokowi
Menteri Basuki: Penundaan Ibu Kota Baru Tunggu Keputusan Jokowi
A A A
JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, masih menunggu keputusan Joko Widodo mengenai kemungkinan penundaan hingga pembatalan proyek Ibu Kota Negara (IKN) atau Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur.

"Saya kira kita tunggu keputusan Presiden, sampai sekarang belum ada rapat buat IKN itu. Beliau yang sampaikan di depan DPR. Kewenangan membatalkan atau menunda pembangunan IKN ada di tangan Presiden," kata Menteri Basuki di Jakarta.

Sambung dia menambahkan, Kementerian PUPR pada tahun ini belum mengalokasikan anggaran untuk proyek IKN di Kalimantan Timur tersebut. Dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2020 di Kementerian PUPR, tidak ada kegiatan khusus untuk proyek ibu kota baru.

Pasalnya, Undang-Undang (UU) mengenai pembentukan IKN belum terbentuk. Dengan demikian pembangunan IKN secara fisik juga belum bisa dimulai.

"Kita masih tunggu UU IKN. Jadi kami belum bisa mengalokasikan anggaran. Kami tegaskan, pada DIPA 2020 juga tidak ada anggaran di Kementerian PUPR untuk pembangunan IKN," jelasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4648 seconds (0.1#10.140)