Semen Gresik terima dua pengharagaan dari SBY

Kamis, 05 Januari 2012 - 15:18 WIB
Semen Gresik terima dua pengharagaan dari SBY
Semen Gresik terima dua pengharagaan dari SBY
A A A
Sindonews.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan dua penghargaan sekaligus kepada PT Semen Gresik (Persero) Tbk (SMGR). Penghargaan sebagai Perintis Teknologi Nasional dan Penghargaan Industri Hijau tersebut diterima langsung oleh Direktur Utama SMGR Dwi Soetjipto di Istana Negara, Jakarta, Kamis (5/1/2012).

Penghargaan Perintis Teknologi Nasional merupakan bentuk komitmen untuk mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan kemampuan teknologi di dunia industri secara berkelanjutan.

"Untuk itu perseroan secara terus-menerus mengembangkan inovasi di segala bidang, baik dalam teknologi bahan/material, alternatif fuel, alternatif raw material, teknologi informasi, dan teknologi proses," kata Dwi Soetjipto, dalam keterangan tertulis yang diterima Sindonews.

Melalui inovasi teknologi, perseroan berhasil meraih Penghargaan Rintisan Teknologi 2011. Judul inovasi yang diangkat pada ajang bergengsi ini adalah "Dust Return sebagai material baru untuk pengembangan produk dengan teknik by pass process di Pabrik Tuban".

Inovasi tersebut telah diimplementasikan sejak 2008 di Pabrik Tuban. Keunggulan inovasi tersebut yakni pemanfaatan material waste yang tadinya mengganggu proses, kemudian dijadikan produk tanpa menurunkan kualitas dari produk itu sendiri.

Proses seleksi penghargaan Rintek ini dilaksanakan dalam beberapa tahapan dimulai dengan seleksi administratif yang dilaksanakan oleh Panitia Rintek Pusat Pengkajian Teknologi dan HKI.

Pada tahap awal, 36 perusahaan dinyatakan lolos dan memenuhi kriteria antara lain perusahaan kelas menengah/besar, industri padat teknologi, perusahaan modal dalam negeri (PMDN), dan produk hasil inovasi telah diproduksi dan atau dikomersialkan.

Penghargaan Rintek diselenggarakan Kementerian Perindustrian ini merupakan penghargaan tertinggi dari pemerintah yang diberikan kepada industri yang telah secara luar biasa menghasilkan perekayasaan dan invensi dan atau inovasi teknologi.

Selain itu, perseroan ini kembali menerima penghargaan Industri Hijau 2011 yang juga didapat pada tahun 2010 lalu. Program penganugerahan ini diberikan bagi perusahaan industri yang telah melakukan upaya pengelolaan lingkungan hidup sehingga dapat meminimalisasi pencemaran dan perusakan lingkungan hidup akibat kegiatan industri.

Penganugerahan penghargaan industri hijau dilaksanakan melalui berbagai tahap seleksi dan verifikasi berdasarkan sistem yang dievaluasi secara berkala. Sedangkan penilaian industri hijau meliputi proses produksi yaitu bahan baku, energi, air, teknologi proses, produk, sumber daya manusia, dan lingkungan kerja.

Sedangkan pada manajemen industri meliputi kebijakan internal perusahaan, community development/corporate social responsibility, penghargaan terkait industri hijau yang pernah diterima, dan sertifikasi. Selain itu, pengelolaan lingkungan industri yang meliputi upaya pengelolaan lingkungan industri dan kinerja pengelolaan lingkungan. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6286 seconds (0.1#10.140)