Genjot MP3EI, terminal peti kemas Pelabuhan Tenau dioperasikan

Selasa, 10 Januari 2012 - 13:43 WIB
Genjot MP3EI, terminal...
Genjot MP3EI, terminal peti kemas Pelabuhan Tenau dioperasikan
A A A
Sindonews.com - Guna menggenjot Program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) mulai mengoperasikan terminal peti kemas di Pelabuhan Tebau Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Menurut Edi Priyanto, Humas PT Pelindo III, pengoperasian ini merupakan yang pertama dan satu-satunya terminal dengan peralatan bongkar muat termodern pada pelabuhan di wilayah Nusa Tenggara Timur.

"Pengoperasian terminal peti kemas ini juga mendongkrak perekonomian dan memperlancar arus logistik di wilayah Kupang, NTT dan sekitarnya," kata Eddi kepada Sindonews, Selasa (10/1/2012).

Dia menjelaskan, tahap awal dalam pembangunan Pelabuhan Tenau Kupang itu didatangkan satu unit container crane (CC) pada 9 Oktober 2011, disusul kemudian dua unit rubber tyred gantry (RTG) pada 12 Oktober 2011.

Selain itu, kata Eddi, disiapkan pula lapangan penumpukan peti kemas (CY) seluas 15.605 M2. Di tahun-tahun mendatang juga akan dilakukan perluasan lapangan peti kemas (CY) seluas 8.500 M2. Dengan demikian, luas lapangan penumpukan peti kemas menjadi 24.150 M2.

Dia menjelaskan, sebagai cara memproklamirkan diri sebagai terminal operator, maka pada Senin, 9 Januari lalu dilakukan acara peresmian Terminal Peti Kemas Tenau Kupang, bertempat di Dermaga Multiguna Pelabuhan Tenau Kupang.

"Hal tersebut dimaksudkan sebagai upaya percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi guna memperkuat konektivitas nasional, yang terintegrasi secara lokal dan terhubung secara global (locally integrated globally connected)," tukasnya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0336 seconds (0.1#10.140)