PTPN IX launching 3 usaha baru

Sabtu, 14 Januari 2012 - 14:18 WIB
PTPN IX launching 3 usaha baru
PTPN IX launching 3 usaha baru
A A A
Sindonews.com - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX (Persero) Jateng me-launching tiga unit usaha baru yang didirikan di tiga daerah, yakni Kabupaten Semarang, Sragen, dan Cilacap.

Tiga unit usaha itu kemarin diresmikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan di kawasan Wisata Argo Kampoeng Kopi Banaran, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang.

Tiga unit usaha yang diresmikan adalah Banaran 9 Resort yang dibangun di Kompleks Wisata Argo Kampoeng Kopi Banaran, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang; pabrik karet ribbed smoked shett (RSS) Tarik Ngarum di Pedaan, Kelurahan/ Kecamatan Kedawung, Sragen; dan pabrik karet RSS Kubangkangkung di Desa Kubangkangkung, Kecamatan Kawunganten, Cilacap.

Dahlan mengatakan, dibanding PTPN lainnya, luas lahan yang dimiliki PTPN IX Jateng jauh lebih kecil. Hanya PTPN IX mampu bersaing dengan yang lainnya. Bahkan, bisa membentuk sejumlah unit usaha yang mampu menghasilkan pendapatan cukup besar.”Upaya yang dilakukan PTPN IX Jateng, termasuk membangun tiga unit usaha baru patut mendapat apresiasi.Ini bentuk pemberdayaan lahan yang harus dikembangkan, ”katanya.

Pengembangan dan peningkatan usaha tidak harus dilakukan ditempat yang luas atau bermodal besar. Hal itu bisa dilakukan dengan pemberdayaan sumber daya yang ada. ”Ini membutuhkan kreativitas dan kejelian melihat peluang usaha. Dan hal itu bisa dilakukan oleh PTPN IX,” katanya memuji.

Direktur Utama PTPN IX Jateng S Hartoyo menjelaskan, pembangunan pabrik karet RSS ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pengolahan karet.

"Sekarang produktivitas karet meningkat 500 kilogram per hektare. Jika tidak disertai dengan pembangunan pabrik baru, maka pengolahan karet tidak bisa maksimal,” tambah Hartoyo.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7039 seconds (0.1#10.140)