Jelang Imlek, harga jeruk fluktuatif

Minggu, 15 Januari 2012 - 16:36 WIB
Jelang Imlek, harga jeruk fluktuatif
Jelang Imlek, harga jeruk fluktuatif
A A A
Sindonews.com - Jelang perayaan tahun baru China (Imlek) harga buah jeruk mengalami penurunan akibat stok yang terlalu banyak, sedangkan konsumen tidak ada peningkatan. Sehingga, pedagang menurunkan harga karena dikhawatirkan stok buah yang dimilikinya membusuk.

“Kalau Imlek begini, jeruk yang datang banyak banget dan harganya murah. Tapi pembelinya sama aja seperti hari biasa. Kadang-kadang karena takut busuk biar cepet laku kita jual lebih murah, jadi untungnya juga sedikit,” tutur pemilik gudang jeruk di kawasan Pasar Rebo, Opat kepada Sindonews, Minggu (15/1/2012).

Menurut Opat, yang mengalami penurunan harga adalah jeruk mandarin yang semula Rp12.000 per kg kini bisa turun mencapai Rp8000 per kg.

"Jika belinya dalam jumlah besar, harganya malah bisa turun sampai Rp5.000 per kg," ungkap pria yang sudah sembilan tahun menjadi pedagang buah-buahan di kawasan ini.

Meski demikian, penurunan harga ini hanya bersifat sementara. Karena Imlek sendiri masih beberapa hari lagi. Pada tahun-tahun sebelumnya, H -3 sampai H -1 harga selalu melonjak. Ditambah lagi cuaca buruk mempengaruhi pendistribusian.

Pada awal Januari, importir jeruk kekurangan stok karena suplai terganggu akibat cuaca. Sri Asih, pemasok buah jeruk di Pasar Induk Keramat Jati mengaku, kenaikan harga jeruk impor rentan terjadi di saat pendistribusian kurang lancar. "Kalau dibandingkan Desember, perbedaannya jauh sekali," kata Sri.

Menurut Sri, musim hujan membuat distribusi jeruk tersebut tersendat, sehingga pasokan ke pedagang menjadi terbatas. Itulah mengapa harga jeruk terkerek naik.

Menurut Sri, ada tiga buah jeruk impor yang beredar di pasaran, yaitu: jeruk mandarin ponkam, jeruk santang madu, dan jeruk santang daun.

"Biasanya, jeruk jenis santang madu dan santang daun yang selalu mengalami lonjakan tertinggi," kata Sri. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5223 seconds (0.1#10.140)