ATM Bank Mandiri-BCA resmi terhubung

Senin, 16 Januari 2012 - 11:45 WIB
ATM Bank Mandiri-BCA resmi terhubung
ATM Bank Mandiri-BCA resmi terhubung
A A A
Sindonews.com - Jaringan ATM Bank Mandiri dan Bank Central Asia (BCA) secara resmi telah terkoneksi mulai hari ini yang disimbolkan dengan Launcing Interkoneksi jaringan ATM Bank Mandiri dan Bank Central Asia yang dilaksanakan di Bank Indonesia, Senin (16/1/2012).

"BI, perbankan dan industri sistem pembayaran Indonesia akan selalu bekerja untuk menciptakan terwujudnya layanan sistem pembayaran yang handal efisien dan berkualitas, sehingga dapat diandalkan menjadi penopang pembangunan dan pertumbuhan ekonomi nasional," ujar Gubernur BI Darmin dalam sambutannya di Bank Indonesia, Jakarta, Senin (16/1/2012).

Keterhubungan jaringan ATM ini merupakan komitmen perbankan Indonesia terus meningkatkan kualitas layanan dan kenyamanan bertransaksi keuangan bagi para nasabah.

Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini mengatakan, realisasi interkoneksi ini merupakan upaya kami untuk menguatkan dan memperluas jaringan ATM sehingga dapat memudahkan nasabah melakukan transaksi perbankan, selain itu langkah ini juga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan transaksi melalui jaringan elektronik Bank Mandiri.

Realisasi interkoneksi jaringan ATM ini merupakan hasil dari MoU yang telah ditanda tangani antara PT Rintis Sejahtera mengenai kerja sama jaringan ATM pada 11 Oktober 2011 di mana Bank Mandiri bekerja sama dengan BCA mengkoneksikan ATM melalui jaringan Prima untuk memudahkan masyarakat melalukakn transaksi keuangan.

Ditambahkan Direktur Utama BCA Yahya Setiatmaja, sinergi ini adalah salah satu bentuk implementasi dari komitmen BCA untuk senantiasa meningkatkan layanan. "Karena kami menyadari bahwa hal ini dapat meningkatkan efisiensi. Adapun charge untuk setiap transaksi dikenakan," kata Yahya.

Tiga transaksi utama dalam kerja sama ini adalah tarik tunai, cek saldo, dan transfer antar bank melalui lebih dari 31.700 ATM yang terhubung melalui jaringan ATM Prima termasuk 8.578 jaringan ATM BCA yang telah terkoneksi dengan jaringan cirrus yang tersebar di seluruh dunia.

Seperti diketahui, di November 2011 lalu, kedua bank telah melakukan Memorandum of Understanding (MoU) agar jaringan ATM kedua bank terkoneksi. Maklum, selama ini, Mandiri menggunakan jaringan ATM Link yang merupakan switching company dengan tiga bank BUMN besar lainnya, BNI, BRI dan BTN. Sedangkan BCA, menggunakan ATM Prima yang dikelola PT Rintis Sejahtera bersama sekira 40 bank besar lain.

Namun, ketika Bank Indonesia (BI) mewacanakan untuk melakukan National Payment Gateway (NPG) atau sistem pembayaran national yang terkoneksi, BI terus membujuk agar dua jaringan ATM bank besar ini tersambung. Pasalnya, sebagai dua bank besar nasional, BCA memiliki sekira 7000 ATM. Jaringan ATM Mandiri sendiri terkoneksi dengan 22 ribu ATM di Indonesia sehingga dengan interkoneksi ini, maka nasabah dapat melakukan transfer, cek saldo dan tarik tunai.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4435 seconds (0.1#10.140)