Terkoneksi, persaingan BCA-Mandiri mencair

Senin, 16 Januari 2012 - 15:07 WIB
Terkoneksi, persaingan...
Terkoneksi, persaingan BCA-Mandiri mencair
A A A
Sindonews.com - Terkoneksinya jaringan ATM antara Bank Mandiri dan Bank Central Asia (BCA) merupakan salah satu pertanda 'mencairnya' persaingan kedua bank besar tersebut.

Menurut Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini, proses penyatuan ini adalah sebagai cara untuk meningkatkan competitive advantage masing-masing bank untuk meningkatkan nilai tambah bagi nasabah.

"Bahwa ini persaingan akan tetap terjadi pada waktu-waktu yang akan datang, karena kita membuat penyatuan ini sebagai competitive advantage, ini menjadi kelebihan dari masing-masing bank. Karena ini pasti penyatuan ini akan menjadi nilai tambah bagi nasabah-nasabh BCA dan Mandiri juga yakin ini akan menjadi nilai tambah bagi nasabah-nasabah kita, jadi ini sebuah kerjasama yang win-win bagi kita," jelas Zulkifli di Gedung BI, Jakarta, Senin (16/1/2012).

Meski aura persaingan antar kedua bank besar ini selalu terlihat, namun Zulkifli menilai bahwa proses integrasi ini terjadi akibat dari desakan dari nasabah di seluruh Indonesia. Sehingga pihaknya kini lebih menatap keuntungan di masa depan dibandingkan dengan persaingan di masa lalu.

"Penyambungan ini kan proses ya, butuh waktu, seperti juga pacaran lalu nikah kan itu butug waktu. Kita enggak mau liat ke belakang kita melihat ke depan, bahwa kedua pihak merasa inilah saatnya menyatukan, dan memberikan yang terbaik untuk semua nasabah di Indonesia serta yang pastinya dapat meningkatkan loyalitas terhadap dunia perbankan karena merasa sangat nyaman," ujarnya.

"Mudah-mudahan penyatuan ini menjadi nilai lebih bagi nasabah-nasabah kalau buka di Jayapura, Merauke, Nabire mereka juga punya akses ke ATM BCA di seluruh indonesia," tambahnya.

Sekedar informasi, mulai hari ini interkoneksi antara Bank Mandiri dan Bank BCA resmi terhubung. Nasabah dapat melakukan cek saldo, transfer rekening antarbank dan tarik tunai. Mandiri yang sebelumnya hanya tergabung di Link, kini dapat mengakses 31.700 ATM yang terhubung melalui Prima termasuk 8.575 jaringan ATM BCA yang terkoneksi dengan jaringan Cirrus.

Secara total, jaringan Mandiri kini tergabung dalam 40 ribu ATM yang terhubung melalui ATM Prima, Link, maupun ATM bersama yang tersebar di seluruh Indonesia begitu pula sebaliknya.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9288 seconds (0.1#10.140)