Sepeda motor indikasi golongan bawah naik kelas

Rabu, 18 Januari 2012 - 15:04 WIB
Sepeda motor indikasi golongan bawah naik kelas
Sepeda motor indikasi golongan bawah naik kelas
A A A
Sindonews.com - Menteri BUMN Dahlan Iskan menyatakan perkembangan industri sepeda motor di Indonesia yang pesat di 2011 menjadi indikasi meningkatnya status ekonomi masyarakat golongan miskin. Ini menandakan perekonomian meningkat.

Hal ini disampaikan oleh Dahlan dalam seminar mengenai investment grade di Ritz Carlton Pacific Place, SCBD, Jakarta, Rabu (18/1/2012).

Dia menambahkan sepeda motor merupakan indikasi perpindahan golongan bawah bermigrasi ke golongan menengah, sebagai alat untuk migrasi dengan cara yang murah dan cepat.

"Kutukan golongan bawah itu dulu adalah masyarakat bawah itu gajinya selalu habis untuk biaya transportasi kendaraan umum. Namun sekarang, biaya transportasi umum bisa digunakan untuk membayar cicilan kredit pembelian motor. Inilah momentum mobilitas golongan bawah sama cepat dengan golongan atas. Maka akan terjadi revolusi besar di ekonomi dengan sepeda motor," ungkapnya

Jadi, revolusi atau pergerakan perekonomian ini bisa dilihat dari pertumbuhan industri sepeda motor.

"Jangan pemilik mobil sumpah-sumpahi pemilik sepeda motor. Harus mendorong, justru karena ini golongan bawah baru saja mengalami kemerdekaan. Mereka adalah evolusi gelombang perpindahan dari golongan bawah ke menengah," ucapnya.

Dirinya juga menambahkan saat melihat TV, negara rasanya akan bangkrut pekan depan. Namun, ketika melihat keluar, pemandangan yang ada justru banyak sekali sepeda motor.

Dahlan tetap percaya Indonesia akan menjadi negara yang maju dan modern. "Biarlah di TV ngomong bebas, kita juga terus bekerja. Jangan merasa bersedih, itu pertanda Indonesia memasuki negara modern. Ciri negara maju adalah dunia politik dan ekonomi sudah jauh terpisah," tandasnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5959 seconds (0.1#10.140)