Gaikindo siap produksi mobil BBG

Jum'at, 20 Januari 2012 - 15:27 WIB
Gaikindo siap produksi...
Gaikindo siap produksi mobil BBG
A A A


Sindonews.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyatakan siap apabila kebijakan pembatasan BBM bersubsidi diberlakukan. Bentuk kesiapannya antara lain memproduksi mobil yang mengkhususkan memakai bahan bakar pertamax atau berbahan bakar gas (BBG).

Menurut Sekretaris Gaikindo Juwono Andrianto, saat ini industri terbesar kendaraan bermotor khususnya mobil, rasio yang diproduksi menggunakan BBM sebanyak 77 persen. Sedangkan yang menggunakan mesin diesel (berbahan bakar solar) sebanyak 23 persen.

"Gaikindo akan memproduksi mobilnya menyesuaikan dengan bahan bakar apa yang dipakai. Kami siap memproduksi mobil berbahan bakar gas, jika memang diharuskan," ujar Juwono saat dihubungi, Jumat (20/1/2012).

Juwono melanjutkan, sejak tahun 1976-2011 total mobil yang telah diproduksi sebanyak 10.280.000 unit. Dan sejak 2007, Gaikindo telah melabel mobil-mobil produksinya untuk memakai bahan bakar pertamax pada mobilnya.

"Untuk harga akan disesuaikan sendirinya. Masalahnya itu mobil yang sudah diproduksi sejak 2007-2011. Dan yang sudah diproduksi tersebut berbahan bakar pertamax, premium, solar," jelas Juwono.

Gaikindo juga siap seandainya konsumen ingin memasang converter kit untuk BBG. Sedangkan yang sudah terlanjur beli namun masih dalam masa garansi, bisa mengajukan pemasangan namun harus membeli converter kit sendiri secara terpisah.

"Garansi yang diberikan berdurasi tiga tahun. Kami enggak akan berikan garansi konsumen yang melakukan modifikasi pribadi atau memasang converter kit sendiri. Bahkan seandainya ada yang rusak, maka tidak akan diganti meski mobil masih dalam masa garansi," jelas Juwono. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2765 seconds (0.1#10.140)