Pertamina ingin serap minyak bagian KKKS

Selasa, 24 Januari 2012 - 09:46 WIB
Pertamina ingin serap minyak bagian KKKS
Pertamina ingin serap minyak bagian KKKS
A A A


Sindonews.com - PT Pertamina (Persero) menyatakan keinginannya membeli dan mengolah seluruh minyak mentah yang diproduksi di dalam negeri. Selain pertimbangan bisnis, keinginan itu juga dilandasi kepentingan untuk menjaga ketahanan energi nasional.

”Untuk merealisasikan hal itu, Pertamina siap memberikan penawaran harga terbaik bagi kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) agar bersedia menjual minyak mentah bagian mereka untuk diolah di kilang-kilang Pertamina,” kata VP Corporate Communication Pertamina Mochamad Harun di Jakarta belum lama ini.

Penawaran ini, tegas dia, juga merupakan antisipasi dari kemungkinan terjadinya krisis minyak secara global, apabila situasi di Selat Hormuz memanas. Untuk itu, Pertamina meminta dukungan pemerintah untuk menyempurnakan regulasi bagi hasil minyak yang memberikan opsi kepada Pertamina untuk membeli minyak mentah bagian KKKS.

Upaya Pertamina untuk membeli minyak mentah bagian KKKS telah mendapatkan dukungan dari Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (BP Migas). Di samping telah mengirimkan surat kepada BP Migas, Pertamina juga telah mengirimkan surat permintaan pembelian minyak mentah domestik kepada seluruh KKKS yang masih mengekspor minyak mentah bagian mereka.

Terkait dengan keinginan BUMN migas nasional itu, Mantan Deputi BP Migas Eddy Purwanto kepada SINDO menjelaskan, sejak menjadi negara pengimpor minyak tahun 2004, Indonesia dihadapkan pada kerawanan terhadap kedaulatan energi nasional, khususnya ketahanan pasokan minyak mentah dan bahan bakar minyak (BBM). Sebab, dari produksi minyak nasional, kedaulatan Indonesia atas volume minyak mentah hanya sekitar 50% dari total lifting minyak. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.1381 seconds (0.1#10.140)