Sambut Imlek, Warren Buffet unjuk kebolehan bernyanyi

Rabu, 25 Januari 2012 - 10:48 WIB
Sambut Imlek, Warren Buffet unjuk kebolehan bernyanyi
Sambut Imlek, Warren Buffet unjuk kebolehan bernyanyi
A A A
Sindonews.com - Dunia mengenal sosok Warren Buffett sebagai seorang investor kawakan yang telah berhasil mengembangkan perusahaan investasinya, Berkshire Hathaway.

Tapi, tak ada yang menyangka jika pria berusia 81 tahun itu ternyata pandai bernyanyi sambil memainkan ukulele. Kepiawaian Buffett dalam memetik dawai ukulele dan melantunkan lagu itu dia perlihatkan pada acara gala tahunan menyambut pergantian Tahun Baru Imlek di China, Minggu 22 Januari 2012 waktu setempat.

Lewat sebuah video berdurasi 45 menit, pria asal Omaha, Nebraska, Amerika Serikat (AS) itu terlihat duduk sambil memetik ukulele di depan miniatur jalur kereta api. Dia menyanyikan "I’ve Been Working on the Railroad," yang ditayangkan di stasiun televisi CCTV.

”I’ve been working on the railroad,all the livelong day.I’ve been working on the railroad, just to pass the time away,” begitulah Buffett menyanyikan lagu itu dengan suara serak. Lagu itu dipilih Buffett tentu bukan tanpa alasan.

Lagu itu seolah mewakili usaha suami Astrid Menks itu dalam mengakuisisi operator rel kereta Burlington Northern Santa Fe pada 2009 dan pujiannya terhadap efisiensi China. Tahun lalu,kepada DealBook, Buffett sempat mengatakan bahwa China memiliki orangorang yang sangat berbakat dan pekerja keras. ”Xie xie,” ujar Buffett setelah menyelesaikan lagu itu, seperti dikutip New York Times.

“Xie xie” adalah ucapan bahasa Mandarin yang berarti terima kasih. Penampilan Buffett dalam acara gala itu tampaknya sudah ditunggu banyak orang setelah Xin hua melaporkan rencana penampilan itu pada 5 Januari lalu.

”Kita semua tahu bahwa Buffett itu berbakat dalam investasi, tapi hanya sedikit yang tahu kalau dia bisa menyanyi dengan baik,” papar Wang Pingjiu, eksekutif produser Spring Festival Web Gala yang menyelenggarakan acara itu kepada Xinhua.

Video nyanyian Buffett itu sebenarnya direkam untuk acara jamuan makan malam amal tahun lalu yang diselenggarakan investor media China, Wu Zheng dan istrinya,Yang Lan, seorang presenter televisi.

CCTV lantas meminta Wu untuk mengajak beberapa pesohor internasional agar turut serta dalam gala online itu. Wu lantas meminta izin Buffett untuk menayangkan video itu dan ternyata investor kawakan itu menyetujuinya. Buffett sebenarnya tak pernah malu memperlihatkan bakat musiknya.

Dia pernah dikabarkan memainkan ukulele dalam beberapa acara yang digelar Berkshire Hathaway. Dia juga pernah muncul dalam sebuah iklan televisi di AS untuk sebuah perusahaan asuransinya, dengan berpura-pura menjadi Axl Rose. ”Jujur saja, penampilannya itu tidak terlalu banyak menunjukkan bukti kalau dia benar-benar bisa menyanyi,” tulis Christian Science Monitor.

Buffett dilihat sebagai investor model bagi orang kaya China, yang banyak dari mereka berharap bisa menyamai guru investasi itu di tengah booming ekonomi Negeri Panda itu. Perusahaan Buffett, Berkshire Hathaway, adalah pemilik sebagian BYD, perusahaan berbasis di Shenzhen, yang membuat kendaraan listrik E6, yang sahamnya naik 33 persen tahun ini.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7112 seconds (0.1#10.140)