BTN siap jadi pelaksana KPR FLPP

Rabu, 25 Januari 2012 - 11:36 WIB
BTN siap jadi pelaksana KPR FLPP
BTN siap jadi pelaksana KPR FLPP
A A A


Sindonews.com - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) optimistis proses renegosiasi Perjanjian Kerja Sama Operasional (PKO) penyaluran Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan(FLPP) antara Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera), Badan Layanan Umum Pusat Pembiayaan Perumahan (BLU PPP) dan Bank Pelaksana akan mencapai win-win solution.

Direktur Utama BTN Iqbal Latanro mengatakan, BTN siap menyalurkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bersubsidi, termasuk menurunkan tingkat suku bunga KPRnya.

“BTN mungkin sanggup menurunkan tingkat suku bunga menjadi di bawah 8%. Tapi tetap ada keterbatasan. Karena sebagai perusahaan publik, BTN juga harus tunduk pada aturan korporasi dan aturan Bank Indonesia,” jelas Iqbal dalam siaran persnya Selasa, 24 Januari 2012.

Dia berharap, renegosiasi PKO baru bisa segera selesai dengan solusi yang menguntungkan semua pihak. BTN sudah mengajukan proposal ke Kemenpera sebagai bank pelaksana penyaluran KPR FLPP pada 16 Januari lalu. Iqbal menyebut,dana FLPP yang berasal dari pemerintah dicampur dengan dana jangak panjang berupa obligasi dengan tenor 10 tahun.

Bunganya sendiri merupakan bunga komersial yang berada di kisaran 8,75% sampai 9,25%. Iqbal mengungkapkan pada tahun ini BTN menargetkan tingkat pertumbuhan kredit dan dana pihak ketiga lebih baik dibanding tahun 2011.

Untuk itu perseroan gencar melakukan ekspansi termasuk pembukaan jaringan salah satunya dengan membuka kantor Wilayah BTN II yang meliputi Jawa Timur, Jawa Tengah, Jogja, dan Nusa Tenggara.

Menurut Iqbal persaingan pada bisnis perbankan mendorong BTN untuk melakukan perubahan. Sehingga, BTN harus mampu memanfaatkan peluang bisnis yang ada.

“Atas dasar itulah BTN membuka kantor Wilayah II yang berlokasi di Surabaya, kami harus menyesuaikan diri dengan kondisi perubahan yang terjadi saat ini,” katanya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8565 seconds (0.1#10.140)