UKM gulung tikar itu wajar

Kamis, 26 Januari 2012 - 17:58 WIB
UKM gulung tikar itu wajar
UKM gulung tikar itu wajar
A A A
Sindonews.com - Banyak pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) sandal di Ciomas, Kabupaten Bogor yang mengalami gulung tikar. Dimana sebagian besar pelaku UKM sandal sepatu Ciomas yang gulung tikar tersebut mengaku karena adanya serangan produk impor dari Cina yang harganya cukup murah.

Menanggapi hal itu, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Syarif Hasan mengatakan masalah gulung tikar yang dialami sebagian besar pelaku UKM sandal sepatu tersebut adalah hal yang wajar.

"Yang gulung tikar ya wajar. Hidup itu kan tidak selalu pada growing (Tumbuh)," ujarnya kepada wartawan saat hendak mengikuti rapat dengan Komisi VI DPR RI, Kamis (26/1/2012).

Dikatakannya, terkadang di dalam wirausaha UKM itu sendiri mengalami stag atau berhenti. Dan terkadang, katanya bisa juga tumbuh kembali. "Jadi tidak perlu dikhawatirkan," ungkapnya.

Dia juga menambahkan jika ada masalah yang dialami pelaku UKM, Kementerian Koperasi dan UKM bisa mendampingi. "Apa permasalahannya. Kalau menyangkut masalah modal, kredit pun sudah ada. Masalah pendampingan knowledge, kita bisa berikan pelatihan. Kalau menyangkut tak punya pemasaran, kita bisa fasilitasi," imbuhnya.

Kendati demikian, kata menteri asal Partai Demokrat ini, sudah tidak ada lagi alasan pelaku UKM untuk tidak eksis dalam usahanya. "Bahwa hambatan itu pasti ada saja," tandasnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6351 seconds (0.1#10.140)