Belajar enterpreneurship seperti belajar berenang

Jum'at, 27 Januari 2012 - 13:46 WIB
Belajar enterpreneurship seperti belajar berenang
Belajar enterpreneurship seperti belajar berenang
A A A
Sindonews.com - Siswa SMA saat ini terus digiring untuk memiliki mindset wirausaha agar nantinya mereka tidak hanya mencari kesempatan kerja di sektor formal, melainkan justru dapat menciptakan lapangan pekerjaan.

Untuk itu, Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar Kompetisi Kewirausahaan bagi siswa SMA/Sederajat dengan tajuk “Take Your Opportunity to be Success Young Enterpreneur”.

"Belajar enterpreneurship (kewirausahaan) sama seperti belajar berenang. Siswa tidak bisa hanya belajar ilmunya di kelas, tetapi harus mempraktekkannya," ungkap penanggung jawab acara, Lela Hindasah yang ditemui di Kampus Terpadu UMY, Jumat (27/1/2012).

Dirinya juga memaparkan akan ada dua tahap penjurian, yakni seleksi proposal business plan, dilanjutkan dengan presentasi proposal bisnis untuk lima proposal terbaik.

Rangkaian lomba dimulai pada tanggal 8 Juni 2012 hingga 23 Juni 2012. Tiga pemenangnya akan mendapatkan sejumlah hadiah, diberi kesempatan masuk ke Prodi Manajemen UMY tanpa tes, serta mendapatkan beasiswa.

Menurut Lela, ini adalah kali kedua acara ini digelar. Dimana tahun lalu sudah dilaksanakan dan menurutnya peminatnya sendiri cukup banyak. Acara ini akan rutin digelar tiap tahun dalam rangkaian milad UMY.

"Namun waktunya tidak persis bersamaan dengan milad karena harus menyesuaikan jadwal kegiatan di SMA. Proposal diterima panitia maksimal pada tanggal 8 Juni untuk seleksi awal. Kemudian, lima proposal terbaik akan dipresentasikan pada 23 Juni 2012. Pengumuman tahap pertama dilakukan pada tanggal 15 Juni 2012, sedangkan pengumuman pemenangnya pada tanggal 23 Juni 2012, ” ujarnya.

Ada beberapa poin penting yang akan menjadi penilaian. “Yang terpenting adalah orisinalitas karya, inovasi, dan kreativitasnya. Wirausaha selalu dituntut untuk kreatif dan mampu melihat peluang. Sehingga hal tersebut tentu saja menjadi penilaian penting dalam kompetisi ini,” jelasnya. (ank)

()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4697 seconds (0.1#10.140)