2012, PDAM Tirta Nauli Sibolga bakal naikkan tarif

Jum'at, 27 Januari 2012 - 19:41 WIB
2012, PDAM Tirta Nauli Sibolga bakal naikkan tarif
2012, PDAM Tirta Nauli Sibolga bakal naikkan tarif
A A A
Sindonews.com – Pada tahun 2012 ini, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Nauli kota Sibolga berencana menaikkan tarif dasar air. Saat ini, tarif dasar air di daerah itu dianggap termurah dibanding beberapa daerah lain khususnya di Sumatera Utara (Sumut).

“Kenaikan tidak ada, yang ada adalah penyesuain tarif dasar air. Tarif dasar air kita sekarang ini masih Rp640 per meter kubik,” kata Direktur PDAM Tirta Nauli Kota Sibolga Leonard Purba menjawab SINDO di ruang kerjanya, kemarin.

Leonard mengatakan, penyesuaian tarif dasar air ini mengacu kepada peraturan Gubernur. Dimana, penyesuaian tarif air dilakukan setiap empat tahun sekali. Sementara PDAM kota Sibolga, baru akan melakukan penyesuaian tarif setelah lebih kurang enam tahun tidak melakukannya.

“Seharusnya, penyesuaian tarif dasar air ini kita lakukan dua tahun lalu. Namun, hal itu baru dapat kita rencanakan pada tahun 2012 ini,” tutur Leonard.

Leonard mengaku belum bisa memastikan seberapa besar kenaikan tarif dasar air yang akan diberlakukan, namun yang pasti, semuanya tergantung kondisi daerah dan kemampuan masyarakat.

Kepala Bagian (Kabag) Teknik PDAM Tirta Nauli Sibolga, Kabul Sunbawa menambahkan, rencana penyesuaian tarif ini, semata–mata dilakukan dalam rangka peningkatan pelayanan, percepatan pengembangan cakupan pelayanan serta pendanaan untuk investasi PDAM.

“Artinya, penyesuaian tarif ini, bukan untuk mencari keuntungan (profit). Tetapi, selain perencanaan penyesuaian tarif sudah tertunda atau seharusnya sudah dilaksanakan sekitar 2 tahun lalu, adalah untuk penyesuaian dengan harga produksi,” ungkapnya.

Sebelumnya Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk bersama jajaran PDAM dan para Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Camat dan Lurah meninjau bangunan penampungan air baru milik PDAM Tirta Nauli di kawasan pemancar TVRI, Kelurahan Sibolga ilir, Kecamatan Sibolga Utara. Peninjauan itu dilakukannya sekaligus dalam rangka uji coba operasional bangunan penampungan air dari sumber ke bak penampungan.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3941 seconds (0.1#10.140)