PGN siap pipanisasi gas ke SPBG

Selasa, 31 Januari 2012 - 18:54 WIB
PGN siap pipanisasi gas ke SPBG
PGN siap pipanisasi gas ke SPBG
A A A


Sindonews.com - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) akan mendistribusikan jaringan pipanisasi ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) milik Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) untuk melakukan konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG).

Hal ini disampaikan Direktur Utama PGN Hendi Prio Santoso yang ditemui dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VII DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (31/1/2012).

"Untuk program konversi, peran serta PGN adalah pemanfaatan jaringan pipa distribusi gas, kalau semua orang jor-joran melanggar kuota, yang terjadi ada beberapa pelanggan yang enggak kebagian gas, terutama yang berada di ujung-ujung jaringan kami. Ada yang harus kita waspadai juga, beberapa SPBG yang notabene disalurkan gas alam kemudian dikonversi jadi BBG. Itu mahal menyalurkan hasil BBG-nya untuk keperluan industri, tapi bukan ke transportasi umum," papar Hendi.

Menurutnya, hal tersebut dimaksudkan bukan untuk subsidi industri dan jika pelanggan membawa tangki dan diisi di SPBU yang bertujuan mengganti BBM ke BBG. "Kami yakin jaringan pipanisasi ini bisa dimanfaatkan dan kami akan koordinasi dengan Hiswana Migas," tegasnya.

Hendi menegaskan, sambil menunggu mother daughter yang akan dibangun, pemerintah dapat memanfaatkan jaringan pipanisasi yang sudah eksisting.

"Sebelum membangun mother plant yang baru, kenapa yang sudah ada tidak dimanfaatkan atau ditambah pasokannya, daripada menunggu mother station yang baru. Kalau diperlukan bisa sebagai langkah ekspansi," pungkas Hendi. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6290 seconds (0.1#10.140)