Muhammadiyah tak latah bikin labelisasi halal

Rabu, 01 Februari 2012 - 13:14 WIB
Muhammadiyah tak latah bikin labelisasi halal
Muhammadiyah tak latah bikin labelisasi halal
A A A

Sindonews.com - Wacana dari Himpunan Pengusaha Nahdliyyin (HPN) agar NU membuat labelisasi halal dan jujur disambut baik oleh Muhammadiyah. Namun demikian, pihak Muhammadiyah masih belum mengikuti untuk membuat labelisasi produk yang dikonsumsi oleh warganya sendiri.

"Saya kira itu (labelisasi halal dan jujur) sangat baik. Tapi kami belum berpikir untuk membuat labelisasi sendiri," kata Sekretaris Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWM) Surabaya Nadjib Hamid kepada Okezone, Rabu (1/2/2012).

Dia menyebut, Muhammadiyah tetap berpedoman kepada aturan yang ada dalam labelisasi halal. Artinya, selama ini sudah ada lembaga yang telah mengurusi labelisasi tersebut, yakni Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui sertifikat halal.

Menurutnya, ranah halal dan haram sudah jelas tercetus dalam hukum agama Islam. Sedangkan labelisasi itu hanya memperkuat saja. Dia beranggapan upaya dari NU untuk membuat label itu adalah itikad baik untuk melindungi warganya.

"Sangat baik itu untuk melindungi umat. Muhammadiyah sangat mengapresiasi," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, hasil Rembug Nasional Saudagar NU yang dihelat di Grand City, Surabaya pada Kamis 26 Januari 2012 lalu dibuka oleh Wakil Presiden Boediono. Salah satu hasil dari acara yang digelar 4 hari itu adalah Himpunan Pengusaha Nahdliyyin (HPN) meminta kepada PBNU untuk membuat labelisasi halal dan jujur kepada setiap produk yang dikonsumsi oleh warga NU.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6420 seconds (0.1#10.140)