FSRU solusi distribusi gas agar merata

Rabu, 01 Februari 2012 - 22:09 WIB
FSRU solusi distribusi gas agar merata
FSRU solusi distribusi gas agar merata
A A A
Sindonews.com - Kendala utama dalam mempercepat pasokan gas ke seluruh daerah di Indonesia masih terbentur dengan kendala Transportasi.

Hal ini disampaikan Deputi Operasi Badan Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) Rudi Rubiandini dalam paparannya pada acara discuss FSRU in Indonesia di Hotel Indonesia Kempinsky, Jakarta Rabu (1/2/2012).

"Untuk saat ini Transportasi yang sebenarnya menjadi kendala dalam mendistribusikan gas ke seluruh daerah-daerah yang defisit gas," ujarnya.

Dirinya juga menambahkan transportasi saat ini kurang berkembang sehingga mengakibatkan pasokan gas sangat kurang. "Transportasi belum fleksibel. Padahal sumber gas dari alam sudah siap. Harga Gross Domestic Product sudah ada," tegasnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan dengan adanya Floating Storage Regasification Unit (FSRU) maka akan sangat membantu memasok gas di daerah-daerah yang defisit gas. "Saat ini Sumatera dan Pulau Jawa yang kekurangan gas karena demandnya banyak di Sumatera dan Jawa. Supply-nya dari Kalimantan dan Papua jadi butuh transportasi," pungkasnya.

Dalam berita sebelumnya Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Widjajono Partowidagdo mengatakan Indonesia mempunyai potensi Commpressed Natural Gas (CNG) yang besar sehingga cukup untuk memenuhi sektor transportasi di Indonesia. "Jadi untuk masa depan lebih baik pakai CNG," tegasnya.

Widjajono juga menambahkan nantinya akan lebih bagus karena ada FSRU sehingga pasokannya akan tetap aman. "Gas enggak bisa dibawa-bawa lalu dibangun pipanisasi Liquefied natural gas (LNG) jadi gas bisa dibawa dalam bentuk LNG," pungkasnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6582 seconds (0.1#10.140)