BP Migas restui Pertamina beli minyak KKKS asing

Kamis, 02 Februari 2012 - 13:15 WIB
BP Migas restui Pertamina beli minyak KKKS asing
BP Migas restui Pertamina beli minyak KKKS asing
A A A


Sindonews.com - Badan Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) merestui PT Pertamina (Persero) jika ingin menyerap semua minyak hasil Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) asing.

Deputi Operasi BP Migas Rudi Rubiandini mengatakan, tidak perlu ada perubahan regulasi ataupun regulasi khusus karena itu merupakan murni Business to Business (B to B).

"Sampai saat tidak ada hal yang harus diubah, apa yang ada bisa dijalankan. Pada prinsipnya tata niaga, tata kelola, legalitas dan sebagainya sudah siap, tinggal silahkan lakukan," ujarnya saat ditemui dalam Rapat Dengar pendapat dengan Komisi VII di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Kamis (2/2/2012).

Dirinya menjelaskan jika Pertamina mau membeli minyak mentah domestik milik KKKS asing, Pertamina tinggal menggunakan skema B to B dengan KKKS asing. "Tinggal minta harga, beli. Tapi kan tidak hari ini beli besok minyaknya langsung ada jadi tidak perlu regulasi khusus," jelasnya.

Rudi mengakui selama ini memang Pertamina belum menyerap maksimal minyak mentah domestik karena ternyata kilang minyak milik Pertamina di Cilacap hanya mampu menampung minyak yang berkualitas rendah. "Sedangkan minyak asal Indonesia yang harganya mahal dijual ke luar negeri, sehingga pendapatan negara meningkat," katanya.

Lebih lanjut Rudi menambahkan, dengan adanya kemungkinan krisis minyak, yang disebabkan situasi Selat Hormuz memanas, minyak mentah domestik pun bisa dialokasikan ke pasar domestik. "Apapun bisa dipakai, silakan, tidak ada masalah. Tidak usah dipaksa, tinggal dibeli kok," pungkasnya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4908 seconds (0.1#10.140)