Yawadwipa tertarik saham Bakrie

Jum'at, 10 Februari 2012 - 15:44 WIB
Yawadwipa tertarik saham Bakrie
Yawadwipa tertarik saham Bakrie
A A A


Sindonews.com - Yawadwipa Companies kembali bikin sensasi, perusahaan investasi asal Singapura ini mengincar saham Bumi Plc yang merupakan perusahaan tambang dibawah naungan Group Bakrie. Apalagi, dasar niatan itu dilandasi rasa prihatin atas konflik yang terjadi antara Grup Bakrie dan Nathaniel Philip Victor James Rothschild atas posisi direksi di Bumi Plc.

Dalam pernyataannya, Presiden Direktur Yawadwipa Christopher Holm memang menyatakan perusahaan yang dipimpinnya tersebut tertarik untuk membeli Bumi Plc milik Bakrie dan Samin Tan. Namun dia ingin agar perombakan direksi dilakukan segera.

"Kami tertarik untuk menjadi investor di sektor sumber daya alam dan kami mendukung kuat langkah Samin Tan dan tim manajemennya di Borneo. Sebagai pemegang saham prospektif dari Bumi, kami ingin mengkahiri drama yang terjadi. Dan kami melihat bahwa permintaan Tan dan Bakrie konsisten dengan rencana perampingan organisasi. Kami mendukung agenda mereka," kata Holm dikutip dalam keterangan tertulisnya, Jumat (10/2/2012).

Menurut Holm, konflik yang terjadi di internal Bumi Plc itu tidak baik untuk bisnis, apalagi di tengah gejolak pasar dan ketidakpastian ekonomi global.

"Sangat disayangkan bahwa hal-hal tersebut harus dipublikasikan dan tidak dapat ditangani secara internal, meskipun preseden itu ditetapkan oleh pihak tertentu di dalam perusahaan Bumi Plc pada November sebelum transaksi Borneo," ujarnya.

Holm menyesalkan komentar-komentar mengenai konflik tersebut dilancarkan dengan cara sangat terbuka melalui forum publik. Seharusnya, lanjut dia, permasalahan seperti itu dilakukan secara internal.

"Sebagai investor swasta, ini mungkin juga merupakan perilaku yang dapat ditoleransi, namun sebagai orang dalam dan anggota dewan direksi, penyampaian semacam itu, menurut kami, sepenuhnya tidak dapat diterima," nilainya.

Seperti diketahui, sudah sejak lama kongsi Grup Bakrie dengan Nathaniel Philip Rothschild di Bumi Plc retak. Secara diam-diam, Rothschild melancarkan serangan untuk menguasai saham mayoritas di Bumi Plc. Namun sepertinya Grup Bakrie siap melawan.

Grup Bakrie akhirnya menggandeng Grup Borneo untuk melakukan perlawanan. Setelah menyelesaikan transaksi pembelian 23,8% saham Bumi Plc oleh PT Borneo Lumbung Energi Metal Tbk (BORN) dari pemilik lama, PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) dan Long Haul Holdings Ltd (LHH), Samin Tan sudah tidak lagi menjabat Direktur Utama BORN.

Samin akan menjabat Chairman di Bumi Plc, menggantikan Indra Bakrie. Dengan jabatan barunya, diharapkan ia lebih leluasa mengembangkan seluruh aset baik langsung atau tidak langsung di Bumi Plc, mulai dari PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS), PT Berau Coal Energy Tbk (BRAU), PT Kaltim Prima Coal (KPC) atau lainnya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2802 seconds (0.1#10.140)