Semen Gresik bangun pabrik baru di Papua

Senin, 13 Februari 2012 - 08:39 WIB
Semen Gresik bangun...
Semen Gresik bangun pabrik baru di Papua
A A A


Sindonews.com
– PT Semen Gresik Tbk (SMGR) berencana membangun pabrik di Manokwari, Papua. Ekspansi tersebut untuk mendorong penetrasi pasar di wilayah Indonesia bagian timur.

Selain membangun pabrik pengemasan semen curah (packing plant), perseroan tengah merencanakan membuat fasilitas produksi secara menyeluruh. Nantinya pabrik tersebut berkapasitas sekitar 600.000 ton per tahun, dan akan memenuhi kebutuhan semen di wilayah Papua dan sebagian Indonesia timur lainnya.

“Nilai investasinya diperkirakan USD200 per ton. Dengan kapasitas sekitar 600.000 ton, total investasi mencapai Rp1,2 triliun,” ujar Direktur Utama SMGR Dwi Sutjipto di Jakarta, Minggu 13 Februari 2012.

Fasilitas packing plant akan memudahkan perseroan dalam melakukan distribusi serta pemasaran di wilayah Papua. Pabrik pengemasan semen itu, berkapasitas hingga 600.000 ton, sementara nilai investasinya mencapai Rp250 miliar.

Nilai tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan kebutuhan dana packing plant di wilayah lain yang hanya mencapai USD10 juta atau tidak lebih dari Rp100 miliar. Tingginya nilai investasi di Sorong menurut Dwi disebabkan belum tersedianya infrastruktur yang memadai di wilayah tersebut.

Dengan begitu, perseroan juga akan membangun dermaga sepanjang 150 meter, yang mampu menampung kapal berbobot 10.000 DWT (dead weight ton) guna mendukung kelancaran pabrik tersebut. Direktur Keuangan Semen Gresik Ahyanizzaman mengatakan, perseroan memang menyiapkan strategi pabrik penuh dan pabrik pengemasan.

Langkah tersebut sebagai penunjang pemasaran di wilayah yang belum terjangkau. Hingga 2015 mendatang, Semen Gresik menargetkan membangun 35 packing plant di berbagai wilayah Indonesia. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0453 seconds (0.1#10.140)