Mobil Esemka berangkat uji emisi 24 Februari

Rabu, 15 Februari 2012 - 09:48 WIB
Mobil Esemka berangkat uji emisi 24 Februari
Mobil Esemka berangkat uji emisi 24 Februari
A A A
Sindonews.com - Tim Esemka memastikan mobil rakitan pelajar tersebut siap berangkat uji emisi pada 24 Februari 2012. Sebelumnya, uji emisi ke Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) Serpong, Tanggerang tertunda lantaran mobil yang akan diuji masuk bengkel.

Wali Kota Solo, Joko Widodo (Jokowi) mengatakan dirinya dan Wakil Wali Kota FX Hadi Rudyatmo sampai pekan depan masih sibuk dengan agenda kota. Namun pada tanggal yang ditentukan di atas, keduanya sudah siap mengawal keberangkatan uji emisi.

“Kita sedang cari hari baik, tanggal 24 Februari itu kayaknya hari bagus. Sejak hari berangkat sampai Senin akan berada di sana,” kata Jokowi di Solo, Jawa Tengah, Selasa 14 Februari 2012.

Dirinya memastikan kondisi mobil saat ini prima setelah diperbaiki di bengkel Kiat Motor, Ceper, Klaten, Jawa Tengah, milik Sukiyat. Perbaikan di bengkel tersebut pada perangkat luar, yakni lampu depan dan penggantian kaca samping. Uji coba terakhir juga disiapkan usai mobil esemka bernopol AD 2 tersebut ditangani ahlinya.

“Jangan berlarut-larut. Semuanya kalau sudah siap, bulan ini harus sudah diuji emisi,” lanjutnya.

Jumat, 24 Februari 2012 bagi Jokowi merupakan waktu paling tepat. Sebab selama sepekan sebelum tanggal tersebut Kota Solo menyelenggarakan hajatan penting yakni hari jadi kota ke-267 pada 17 Februari mendatang. Rangkaian kegiatan ulang tahun kota dilakukan sejak sebelum dan sesudahnya.

Obyek uji emisi direncanakan terhadap dua unit mobil Esemka. Yakni SUV Rajawali bernopol AD 2 yang dipakai kendaraan dinas wakil wali kota dan satu unit Esemka mini truk. Mengenai teknis perjalanan ke Tangerang, Jokowi belum bisa memastikan.

Dua opsi masih dikaji, yakni mengangkutnya dengan kendaraan berat atau mengendarainya langsung. Namun demikian kemungkinan ditempuh jalan tengah, yaitu mengendarai SUV Rajawali AD2. Sedangkan Esemka mini truk dinaikkan kendaraan lain.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9702 seconds (0.1#10.140)