Industri tekstil China ekspansi ke Indonesia

Kamis, 16 Februari 2012 - 10:07 WIB
Industri tekstil China ekspansi ke Indonesia
Industri tekstil China ekspansi ke Indonesia
A A A
Sindonews.com – Industri tekstil Indonesia khususnya di Jawa Barat harus siap menghadapi persaingan bisnis dari negara China. Sebab, industri tekstil asal China dipastikan segera melakukan ekspansi ke Indonesia setelah iklim bisnis di negara tersebut kurang menjanjikan.

Sekretaris Jendral (Sekjen) Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Jabar Kevin Hartanto mengatakan, sejumlah investor asal China dan Malaysia berencana mengembangkan industri tekstil dan produk tekstil (TPT) di Indonesia.

Dia menyebutkan, hampir 60 persen industri tekstil nasional berada di Jawa Barat. Namun, persaingan ini bisa berdampak positif atau negatif bagi industri tekstil di Indonesia. ”Dari sisi penanaman modal, masuknya investasi asing pada sektor TPT cukup baik. Tapi mestinya, investasi tersebut lebih fokus pada usaha garmen yang menggarap sektor hilir. Bukan sektor industri TPT yang padat modal,” jelas Kevin Hartanto, kemarin.

Sementara itu, Kepala Badan Koordinasi Pariwisata dan Penanaman Modal Daerah (BKPPMD) Provinsi Jawa Barat Agus Gustiar mengakui, sejumlah investor dari China sudah beberapa kali melakukan penjajakan investasi ke Jawa Barat.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5563 seconds (0.1#10.140)