Desainer muda unjuk berebut jadi yang terbaik

Kamis, 16 Februari 2012 - 19:24 WIB
Desainer muda unjuk berebut jadi yang terbaik
Desainer muda unjuk berebut jadi yang terbaik
A A A


Sindonews.com - Para desainer grafis Indonesia bisa bersiap-siap dengan sebuah penghargaan, Nirmana Award yang hari ini (16/2/2012), bertempat di Kampus Bina Nusantara Internasional – Joseph Wibowo Center resmi diluncurkan. Program yang baru pertama kali diselenggarakan ini merupakan ajang kompetisi untuk para desain muda sekaligus ajang apresiasi publik untuk dunia desain.

Nirmana Award lahir dan dibawa oleh Nirmana Committee, sebuah tim yang terdiri dari pelaku industri kreatif, desainer, profesional, asosiasi-asosiasi desain (Asosiasi Desain Grafis Indonesia, Forum Desain Grafis Indonesia), asosiasi periklanan (Art Directors Club, PPPI), dengan tujuan untuk memberdayakan industri kreatif Indonesia.

Chairman Nirmana, Anang Pradipta mengungkapkan bahwa kompetisi ini diharapkan menjadi suatu wadah yang dapat membantu memantapkan ekosistem dunia kreatif di Indonesia yang terdiri dari industri (dunia pendidikan dan asosiasi), dunia bisnis (perusahaan dan merek), desainer dan publik umum.

“Tujuan utama kami adalah untuk menjembatani stakeholder di dunia kreatif agar bergerak selaras dan berkesinambungan, artinya, industri dapat menjadi wadah yang memberikan keleluasaan bagi para desainer untuk berkreasi sehingga para desainer pun dapat menciptakan desain yang berkualitas," jelasnya.

Acara ini didukung oleh para pelaku industri mulai dari asosiasi, mahasiswa, akademisi, komunitas, sampai para pemilik usaha di bidang kreatif. "Selanjutnya, desain yang berkualitas dapat menjadi sebuah trend yang dimanfaatkan oleh dunia bisnis dan akhirnya publik bisa menikmati, memahami dan mengapresiasi jenis desain yang bernilai tinggi tersebut,” papar Anang.

Tema Nirmana Award tahun ini adalah ‘Warna Kreasi Indonesia’ yang menekankan keanekaragaman yang dimiliki Indonesia serta semangat Bhineka Tunggal Ika dan ajakan untuk kembali menggali potensi lokal atau daerah yang berbasis pemikiran desain. Oleh karena itu, Nirmana Award akan mengajak para desainer untuk berkompetisi melalui karya-karya mereka yang menunjukkan nilai-nilai lokal sehingga kita dapat menjelajah Indonesia melalui karya desain.

“Jadi apa yang coba kami persembahkan bagi para desainer muda Indonesia bukan hanya berbentuk trophy atau hadiah, namun lebih kepada pembekalan kreatif dan profesionalisme dalam berpraktik di industri kreatif itu sendiri,” lanjut Anang.

Pengumuman pemenang Nirmana Award sendiri rencananya akan digelar pada 26 Mei 2012 yang akan melibatkan seluruh finalis, juri, sponsor, praktisi, akademisi, pemerintah, serta peminat dunia kreatif Indonesia. “Kami berharap, pelaksanaan Nirmana Award yang pertama ini akan menjadi cikal bakal penghargaan tersebut dapat terus berlanjut di tahun-tahun ke depan,” ungkap Anang Pradipta. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5099 seconds (0.1#10.140)