Blitar serius kembangkan energi alternatif

Jum'at, 17 Februari 2012 - 11:12 WIB
Blitar serius kembangkan energi alternatif
Blitar serius kembangkan energi alternatif
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Kabupaten Blitar terus mengembangkan energi alternatif. Selain berencana mematenkan sekaligus mengembangkan mesin pengolah limbah plastik menjadi bahan bakar minyak (BBM) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tegalsari, Kecamatan Wlingi, pemkab terus mengembangkan energi gas yang berasal dari kotoran ternak sapi.

Keberadaan energi alternatif ini disiapkan untuk menggantikan gas elpiji yang lebih mahal. Menurut Kepala Seksi Pengendalian kerusakan dan pencemaran Kantor Lingkungan Hidup Oktadi Faturahman, dari Desa Gogodeso, Kecamatan Kanigoro, bio gas akan dikembangkan di seluruh desa di Kabupaten Blitar.

”Proyek ini sebenarnya dimulai pada tahun 2010 dan kini terus meluas,” ujarnya. Tercatat dari tahun 2010 yang hanya 10 titik, produksi bio gas itu bertambah enam titik pada tahun 2011 dan direncanakan 12 titik pada tahun 2012 ini.

Untuk pengembangan tahun 2012 ini, pemkab telah menyediakan alokasi anggaran sebesar Rp300 juta. Selain di wilayah Kecamatan Kanigoro, meliputi Desa Gogodeso, Desa Karangsono, Desa Bangle dan Desa Minggirsari, bio gas pengganti elpiji itu juga diproduksi di Desa Kunir dan Desa Kerjen Kecamatan Srengat. Kemudian juga Kelurahan Garum dan Desa Tingal, Kecamatan Garum, serta Desa Purworejo, Kecamatan Sanankulon.

”Konsepnya pada tahun 2012 ini, kita menyiapkan desa-desa ramah lingkungan,” paparnya. Ketua Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) Kabupaten Blitar Sutrisno menambahkan, tahun 2013 mendatang,apa yang dicapai di Kabupaten Blitar bisa menjadi pilot project di Jawa Timur. Kemandirian energi, baik pengolahan bio gas kotoran sapi, maupun limbah plastik menjadi BBM bisa diikuti desa-desa di Jawa Timur.

Ia berharap pemerintah untuk benar-benar serius mendorong apa yang sudah dimiliki para petani. ”Rencananya, 2013 mendatang kongres petani akan dilakukan di Blitar. Saat itulah Kabupaten Blitar akan menjadi percontohan bagi daerah lain,” ujarnya.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5446 seconds (0.1#10.140)