3 skema wujudkan ketahanan pangan ala Bappenas

Selasa, 21 Februari 2012 - 14:12 WIB
3 skema wujudkan ketahanan pangan ala Bappenas
3 skema wujudkan ketahanan pangan ala Bappenas
A A A


Sindonews.com - Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Armida S Alisjahbana menilai persoalan ketahanan pangan tidak bisa hanya berbicara mengenai kondisi dalam negeri saja, namun juga dunia internasional.

"Mencapai ketahanan pangan baik beras dan komoditas lainnya juga, tidak bisa hanya dalam negeri saja, kan upayanya juga banyak dilakukan kerjasama internasional dengan mitra-mitra pembangunan dengan negara-negara lain," ujarnya saat ditemui wartawan seusai melantik kepala Badan Pusat Statistik Suryamin di Gedung Bappenas, Menteng, Jakarta, Selasa (21/2/2012).

Dia menjelaskan, nantinya akan ada skema-skema yang meliputi, pertama, peningkatan produksi melalui produktifitas petani. "Peningkatan produksi ini leadnya adalah kementerian pertanian, jadi misalnya kita belajar dari negara lain bagaimana meningkatkan produktivitas padi beras atau komoditi lainnya. Baik bantuan dari Turki atau Amerika seperti apapun, kita berdayakan," paparnya.

Poin kedua, Armida mengungkapkan, mengenai harga pangan yang dipegang kendali oleh Kementerian Perdagangan. "Poin ini dipegang oleh kementerian perdagangan karena terkait dengan distribusi dan bagaimana harga pangan itu terjangkau nantinya," paparnya.

Sedangkan dalam tahapan terakhir, yang mesti diperhatikan dalam persoalan ketahanan pangan adalah terkait dengan kemungkinan terjadi krisis pangan. "Ini mesti diwaspadai. Kalau ada krisis bagaimana kita menjaga supaya masyarakat miskin itu terjaga dari aksesbilitas terhadap pangan strategis," pungkasnya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7492 seconds (0.1#10.140)