Pemerintah matangkan 3 opsi soal kebijakan BBM

Selasa, 21 Februari 2012 - 18:07 WIB
Pemerintah matangkan 3 opsi soal kebijakan BBM
Pemerintah matangkan 3 opsi soal kebijakan BBM
A A A
Sindonews.com - Pemerintah sedang mempersiapkan tiga pilihan yang diminta DPR terkait kebijakan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi guna menghadapi melonjaknya subsidi BBM.

"Soal BBM, sekarang kita sedang mempersiapkan roadmap opsi-opsi. Ada tiga opsi yang diminta oleh DPR kepada saya menteri ESDM, dan saat ini sedang disiapkan," jelas Menteri ESDM Jero Wacik di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (21/2/2012).

Setelah opsi-opsi tersebut siap, Jero Wacik mengatakan nanti akan ada rapat kerja dengan DPR Komisi VII DPR. "Di satu sisi menkeu, menko perekonomian dan saya sedang mempersiapkan APBNP. Nanti itu juga akan masuk ke DPR. Nanti dari situ akan terjadi keputusan," jelas dia.

Opsi tersebut antara lain konversi BBM ke bahan bakar gas (BBG). "Kalau lihat suara dari masyarakat, opsi konversi BBM ke BBG, opsi itu akan terjadi. Tapi tidak dalam waktu bersamaan di April. Jadi, April dimulai, terus berjalan, beberapa tahun nanti, tapi harus terus, sehingga persiapannya tenang," bebernya.

Kemudian, opsi peralihan ke pertamax juga disiapkan dispensernya. "Jadi kalau orang ke luar kota ditengah jalan pun kalau mau cari pertamax ada," ucapnya.

"Terus opsi di tengah-tengah itu, opsi dari aspirasi yang muncul di masyarakat yaitu opsi menaikkan harga. Jadi, diturunkan subsidinya dengan cara dinaikkan harganya. Sekarang ini sedang dihitung yang terbaik, yang paling mungkin, yang paling bisa dijangkau daya beli rakyat," ungkap dia.(ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7964 seconds (0.1#10.140)