Tur Esemka usai uji emisi di Serpong

Kamis, 23 Februari 2012 - 11:45 WIB
Tur Esemka usai uji emisi di Serpong
Tur Esemka usai uji emisi di Serpong
A A A


Sindonews.com - Tur mobil Esemka ke daerah-daerah direncanakan setelah menjalani uji emisi di Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) di Serpong, Tangerang. Hal ini dilakukan agar waktu perjalanan bisa efektif dan efisien.

Rencana awalnya rute Solo–Tangerang yang dimulai pada Jumat 24 Februari 2012 akan diwarnai sambutan tuan rumah di daerah-daerah yang dilewati rombongan mobil Esemka atau disebut Tim Rajawali saat singgah. Setelah diperhitungkan, waktunya takkan cukup untuk bisa memenuhi jadwal uji emisi pada Senin 27 Februari 2012.

Tim Rajawali kemudian memutuskan menghadiri undangan daerah-daerah tersebut setelah proses uji emisi selesai. ”Kita putuskan dari Solo langsung ke tempat uji emisi. Baru kemudian setelah itu memenuhi undangan-undangan di daerah,” kata Wali Kota Solo Joko Widodo, Rabu 22 Februari 2012.

Kendati Tim Rajawali belum memastikan kehadirannya kepada tuan rumah, nama sejumlah kota/kabupaten muncul, yakni Salatiga, Semarang, Cirebon, dan Bandung.

Para tuan rumah merupakan kalangan swasta dan pendidikan yang sangat mendukung pengembangan mobil Esemka, antara lain Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Semarang dan SMKN Salatiga. Perjalanan Tim Rajawali ditandai pelepasan oleh kesenian rakyat yang akan berlangsung di Solo Technopark (STP) Jumat besok.

Tepat pukul 09.00 WIB, Tim Rajawali yang terdiri atas rombongan voorijder, pengendara mobil Esemka dan rombongan media massa menempuh perjalanan sampai Jakarta Sabtu, 25 Februari 2012. Di sinilah Tim Rajawali menyapa penduduk Ibu Kota sekaligus menghadiri undangan sejumlah perusahaan media massa hingga Minggu 26 Februari 2012. Keesokan harinya, Senin 27 Februari 2012, mobil Esemka dijadwalkan menjalani uji emisi di BTMP.

Jokowi, panggilan Joko Widodo, memastikan berada di dalam mobil Esemka sepanjang perjalanan menuju Jakarta sampai uji emisi. Saat pulang, dia berencana menempuh perjalanan udara. ”Minggu itu kita mubeng (keliling) ke media-media, okeh (banyak) banget yang minta. Nanti kalau yang daftar, ya kita masuk. Hampir semua baik elektronik maupun cetak,” kata Jokowi.

Wakil Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan mobil Esemka yang akan diuji emisi kemarin di-test drive untuk terakhir kalinya. Tim menempuh rute Solo-Ponorogo, Jawa Timur. Setelah itu, mobil fenomenal tersebut hari ini dipingit, dan pada malam hari dilakukan prosesi jamasan.

”Nanti ada fragmen tari buto untuk pelepasannya. Butane cacahe 45. Ya kan menggambarkan semangat perjuangan) 45,” kata Rudy, panggilan Rudyatmo. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6917 seconds (0.1#10.140)