DPR tunggu keberanian pemerintah

Kamis, 23 Februari 2012 - 12:33 WIB
DPR tunggu keberanian pemerintah
DPR tunggu keberanian pemerintah
A A A


Sindonews.com - Kemarin di kantornya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan, harga Bahan Bakar Minyak (BBM) harus dinaikkan agar Indonesia selamat dari dampak krisis dunia. Seperti apa tanggapan pimpinan DPR RI?

Wakil ketua DPR, Priyo Budi Santoso mengatakan kenaikan BBM merupakan alternatif terbaik demi menyelamatkan perekonomian Indonesia. Namun teknis kenaikannya harus dibahas secara mendalam agar dampaknya tidak terlalu dirasakan oleh masyarakat bawah.

"Tunggu saja nanti umpan dari pemerintah seperti apa, tapi agaknya kenaikan BBM ini sebuah alternatif terbaik, alternatif tidak menaikkan BBM justru malah membuat gawat perekonomian kita," tutur Priyo di Gedung DPR, Senayan, Kamis (23/2/2012).

Lanjut Priyo, kalau pemerintah memutuskan untuk kenaikan BBM, saya kira parlemen siap-siap untuk membahasnya, berapa tingkat kenaikannya dan seperti apa yang perlu dibahas. Kendati demikian, dia tetap menunggu keberanian pemerintah untuk memutuskan. Pasalnya kenaikan BBM adalah domain pemerintah.

"Tergantung pemerintah keberaniannya memutuskan apa, kalau pemerintah tidak memutuskan apa-apa ya kita DPR tetap saja dalam posisi tidak bisa, karena ini domain dari negara," ucapnya.

Lanjutnya, mekanisme kenaikan bisa lewat APBNP, karena terkait keputusan presiden bersama DPR. "Presiden dan DPR memutuskan bersama undang-undang. Jadi tidak bisa sepihak pemerintah menaikkan, harus duduk bersama dengan DPR," pungkasnya.

"Tapi kalau ternyata pemerintah baik itu menteri perekonomian, menteri keuangan dan seterusnya tidak berani memutuskan, ya sudah," tambah Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar ini. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7486 seconds (0.1#10.140)