Akhirnya, Karyanto Wibowo pimpin PD Pasar Surabaya

Kamis, 23 Februari 2012 - 19:08 WIB
Akhirnya, Karyanto Wibowo pimpin PD Pasar Surabaya
Akhirnya, Karyanto Wibowo pimpin PD Pasar Surabaya
A A A


Sindonews.com – Terjawab sudah siapa yang menjadi orang pertama di PD Pasar Surya Surabaya. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini akhirnya menunjuk Karyanto Wibowo sebagai direktur utama (dirut) mengantikan Sucipto yang saat ini terjerat kasus hukum.

Karyanto berhasil menyisihkan dua rivalnya yakni Suhendro (Direktur Eksekutif Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia) dan Dwi Hary (direktur teknik yang juga merangkat plt Dirut PD Pasar Surya).

Sementara untuk posisi direktur keuangan (dirkeu), wali kota menunjuk Mikhael Bambang Parikesit. Dia berhasil menyisihkan satu-satunya kompetitor yakni Hermin Ernawati (manajer marketing sebuah perusahaan swasta di Surabaya).

“Memang surat keputusan (SK) sudah turun. Hari ini bu wali sudah mengeluarkan keputusannya,” ujar Kepala Bagian Hukum Pemkot Surabaya Suharto Wardoyo, kemarin.

Kedua pejabat baru ini ditunjuk dengan dua SK yang berbeda. Untuk Karyanto, SK-nya nomor 188.45/54/436.1.2/2012, sedangkan untuk jabatan dirkeu yang diduduki Mikhael Bambang Parikesit, SK-nya adalah 188.45/55/436.1.2/2012. Namun kesamaannya, dua pejabat baru ini sama-sama memiliki masa kerja sampai empat tahun ke depan. “Masa empat tahun itu terhitung sejak tanggal SK dikeluarkan,” lanjut Suharto.

Dari data yang berhasil dihimpun, masing-masing pejabat baru ini sudah memiliki kemampuan. Karyanto pernah bekerja sebagai Junior Partner KAP Armandias dan Rekan pada tahun 2001-2005. Kemudian di tahun 2006-2010 dia bekerja sebagai dosen luar biasa di beberapa perguruan tinggi Jakarta. Selain itu, dia juga berkerja sebagai konsultan public relation "Kwibowo & Associate", direktur eksekutif The Indonesia Economic Intelligence, staf Ahli Direksi PT Boma Bisma Indra (Persero) serta wakil direktur Keuangan PT Boma Bisma Indra (Persero).

Sedangkan Mikhael Bambang Parikesit tak kalah mentereng. Pria ini pernah bekerja sebagai operation manager Bank BDNI cabang Pasuruan, finance manager EMKL & Fowarding PT Mitra Master Logistic Surabaya, direktur PT BPR Dwi Cahaya Nusaperkasa, Batu (Malang), komite audit dan pemantau risiko PT Centratama Nasional Bank, komite audit dan pemantau risiko PT Bank Harfa, dosen luar biasa pada Universitas Surabaya (Ubaya) dan terakhir tercatat sebagai finance manager Hotel Tunjungan Surabaya.

Suharto menambahkan, SK sudah dilayangkan ke Bagian Perekonomian sebagai Pembina BUMD. Kedua orang yang sudah dipilih wali kota juga bisa segera bertugas untuk memimpin PD Pasar.

“Bagian perekonomian nantinya yang akan menyerahkan SK itu ke dewan pengawas PD Pasar Surya dan diteruskan ke masing-masing orang yang ditunjuk,” terangnya.

Ketua Dewan Pengawas PD Pasar Surya Samba Prawira Jaya mengatakan, pemilihan yang dilakukan sudah sesuai dengan prosedur. Orang yang telah dipilih wali kota diharapkan mampu menjalankan tugasnya dengan baik. “Banyak tantangan yang akan dihadapi nanti untuk memajukan pasar di Kota Pahlawan,” katanya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7756 seconds (0.1#10.140)