Pengamat: BLT mendidik rakyat jadi miskin

Senin, 27 Februari 2012 - 13:54 WIB
Pengamat: BLT mendidik rakyat jadi miskin
Pengamat: BLT mendidik rakyat jadi miskin
A A A


Sindonews.com - Bantuan Langsung Tunai (BLT) merupakan program yang akan diluncurkan oleh pemerintah ketika terjadinya kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang dimungkinkan akan terlaksana pada April 2012.

Tetapi pengamat ekonomi Ihsanudin Norsy menilai program tersebut jika dilaksanakan hanya akan mengajarkan masyarakat untuk menjadi miskin. "Memang kemungkinan kompensasi akan diberikan oleh pemerintah, entah untuk menutup inflasi atau pencitraan. Tapi yang pasti program BLT ataupun semacamnya hanya akan mengajarkan masyarakat menjadi tetap miskin," ujarnya kepada Sindonews saat ditemui di Menara MNC Kebun Sirih Jakarta Senin (27/2/2012).

Dia menambahkan, harusnya pemerintah dalam posisi sebagai eksekutif memperhitungkan secara jelas dan menciptakan program-program yang mendukung masyarakat miskin tersebut menjadi maju dalam segi taraf hidupnya.

"Dari pada berikan BLT atau kompensasi langsung, lebih baik berikan semacam program yang benar-benar mendidik mereka untuk berkembang, tidak menjadi miskin. Karena ke depannya minyak itu akan terus bergejolak, apa mungkin setiap kali minyak naik, orang yang menerima BLT jumlahnya segitu juga," paparnya.

Terlepas dari semua itu, Ihsan menyatakan secara garis besar bahwa pemerintah harus memahami ketentuan undang-undang secara rinci mulai dari target subsidi sampai dengan pasar bebas mengenai minyak dunia. "Patuhlah pada undang-undang, sehingga pemerintah tidak dianggap penghianat bangsa," tegasnya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7273 seconds (0.1#10.140)