Menko Perekonomian gandeng Korsel bahas MP3EI

Selasa, 28 Februari 2012 - 11:15 WIB
Menko Perekonomian gandeng Korsel bahas MP3EI
Menko Perekonomian gandeng Korsel bahas MP3EI
A A A
Sindonews.com - Membahas kerjasama dalam Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi (MP3EI), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menggelar pertemuan pertama dengan sekretariat bersama (sekber) RI-Korea, Minister Of Knowledge Economy of Korea Selatan Sukwo Hong Selatan hari ini.

Adapun pertemuan yang digelar di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Jakarta, Selasa (28/2/2012) ini merupakan implementasi dari penandatanganan Terms Of References (TOR) Sekber RI-Korea Selatan yang sebelumnya ditandatangani pada tanggal 17 November 2011 di Bali.

Dalam keterangan tertulisnya yang diterima Sindonews, kedua belah pihak mengakui pentingnya pertemuan pertama ini adalah guna membahas perkembangan kerjasama dalam Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi (MP3EI), Rencana kerja Sekber RI-Korea Selatan dan Laporan perkembangan serta capaian-capaian dari delapan ketua Kelompok Kerja Working Level Task Force (WLTF) RI-Korea Selatan.

Isi dari WLTF tersebut diantaranya Working Group on Trade and investment, Working Group on Industrial Cooperation, Working Group on Energy and Mineral Resources, Working Group on Agriculture, Forestry and Fisheries, Working Group on Defence Industry dan Working on Policy Support and Finacing of Development.

Sebagai informasi, pada bulan oktober 2011 lalu, Indonesia dan Korea Selatan telah menyepakati untuk peningkatan volume perdagangan bilateral sebesar USD40 miliar pada tahun 2014 dan sebesar USD100 miliar pada tahun 2020.

Target tersebut dimungkinkan akan tercapai mengingat volume perdagangan Indonesia-Korea Selatan pada periode Januari-November 2011 adalah sebesar USD26,6 miliar atau meningkat sebesar 45,4 persen atau dibandingkan periode yang sama pada tahun 2010 yaitu sebesar USD 18,3 miliar. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7472 seconds (0.1#10.140)