Kupon angkot gratis bagi rakyat miskin

Selasa, 28 Februari 2012 - 16:46 WIB
Kupon angkot gratis bagi rakyat miskin
Kupon angkot gratis bagi rakyat miskin
A A A


Sindonews.com - Pemerintah telah menyiapkan beberapa skema bila rencana kenaikan BBM subsidi jadi dilakukan April depan. Salah satu di antaranya adalah pemberian kupon angkot gratis kepada masyarakat yang kurang mampu atau pemberian bus sekolah.

"Ada beberapa kompensasi kenaikan BBM subsidi khususnya kepada masyarakat miskin dan tidak mampu seperti misalnya kompensasi di bidang transportasi dalam bentuk kupon ongkos angkot atau bus anak sekolah dan bantuan STNK dan KIR untuk angkutan umum," ujar Menteri ESDM Jero Wacik dalam paparannya di Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VII DPR, Jakarta, Selasa (28/2/2012).

Rencana pemerintah untuk membagikan kupon angkot gratis ini, menurut Jero, nantinya akan dibagikan pemerintah kepada masyarakat yang kurang mampu untuk membayar ongkos angkot.

"Kita juga akan memberikan kompensasi pangan dengan menambah penyaluran beras miskin dan juga kompensasi bantuan pendidikan berupa tambahan subsidi dan beasiswa siswa miskin," tambah dia.

Selain itu, dengan menaikkan harga BBM subsidi menjadi Rp6.000 per liter atau menetapkan besaran subsidi tetap sebesar Rp2.000 seperti yang diajukan pemerintah hari ini, penghematan anggaran akan dilakukan untuk beberapa hal.

"Pemanfaatan hasil penghematan BBM subsidi akan dilakukan untuk infrastruktur pelaksanaan diversifikasi BBM ke gas, melengkapi infrastruktur pengawasan pendistribusian BBM bersubsidi, penambahan infrastruktur energi dan mendukung perbaikan sistem transportasi nasional," tandas dia. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9696 seconds (0.1#10.140)