AS awasi perdagangan China

Kamis, 01 Maret 2012 - 10:36 WIB
AS awasi perdagangan China
AS awasi perdagangan China
A A A
Sindonews.com – Amerika Serikat (AS) membentuk lembaga khusus di bidang perdagangan guna menyelidiki dan menindak praktik-praktik perdagangan tidak adil yang dilakukan mitra dagang, khususnya China.

Langkah tersebut dibuat AS di tengah kekhawatiran praktik perdagangan tidak adil yang dianggap telah merugikan ekonomi Paman Sam. Presiden AS Barack Obama menyatakan, lembaga yang dinamakan Interagency Trade Enforcement Centre itu dirancang khusus untuk pemantauan dan penegakan hak perdagangan di AS di bawah perjanjian perdagangan internasional.

Nantinya badan tersebut akan berada di bawah pengawasan kantor perwakilan Perdagangan AS dengan tugas utama mengintensifkan koordinasi antarinstansi termasuk intelijen. “Lembaga perdagangan baru tersebut akan mencakup sumber daya penuh dari pemerintah federal untuk menyelidiki dan melawan praktik yang tidak adil di seluruh dunia termasuk oleh negara-negara seperti China,” ujar Obama dalam pernyataan resminya seperti dikutip AFP, kemarin.

Dia menambahkan,pekerja AS adalah pekerja terbaik di dunia. Untuk itu, ketika banyaknya praktik perdagangan tidak adil terjadi, dia berjanji selalu memenangkannya. Pejabat Gedung Putih untuk Urusan Ekonomi Internasional Michael Froman menambahkan, lembaga tersebut akan mengumpulkan keahlian dari seluruh pemerintah termasuk ahli perdagangan, peneliti yang lancar berbahasa asing, perwakilan intelijen, analis ekonomi dan karyawan yang berbasis di luar negeri.

“Presiden telah menjelaskan bahwa AS tidak akan tinggal diam ketika mitra perdagangan asing tidak bermain sesuai aturan,” ungkapnya.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4926 seconds (0.1#10.140)