Pemkab Bandung siap kelola PLTP

Kamis, 01 Maret 2012 - 10:46 WIB
Pemkab Bandung siap kelola PLTP
Pemkab Bandung siap kelola PLTP
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kabupaten Bandung berniat memiliki dan mengelola sendiri Pusat Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) dengan kekuatan lima Mega Watt (MW).

“Potensi panas bumi di Kabupaten Bandung amat besar yang baru sebagian kecil digali. Saat ini baru ada PLTP Kamojang, PLTP Wayang Windu Pangalengan, dan akan dibangun PLTP Patuha di Ciwidey,” ujar Bupati Bandung Dadang M.Naser di rumah dinasnya, ketika menerima kunjungan perwakilan Kedutaan Besar Australia Mr.Van Brian, kemarin.

Menurut Dadang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung bisa mengalokasikan anggaran dalam APBD maupun memanfaatkan perusahaan daerahnya.“Insya Allah, Kabupaten Bandung memiliki kekuatan untuk mengelola PLTP sendiri meski kekuatannya baru 5 MW,” kata Bupati.

Apalagi, ada tenaga ahli PLTP dari Australia yang bekerja di sejumlah PLTP di Kabupaten Bandung. Mereka dapat diajak bekerja sama dalam pengelolaan PLTP nanti. PT Geo Dipa Energi mulai April 2012 segera mengerjakan eksplorasi tenaga panas bumi di hutan yang termasuk wilayah Kampung/Desa Sugihmukti. Eksplorasi ini untuk kepentingan PLTP Patuha Unit I.

“Kami tinggal menunggu surat pengukuhan dari Menteri Kehutanan. Jadi secara prinsipil, persyaratan eksplorasi ini telah terpenuhi,” kata GM PT Geo Dipa Energi Unit Patuha, Koesnorahardjo.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5091 seconds (0.1#10.140)