Percepat pembangunan tol, PT Jasa Marga dibuka di Sumut

Kamis, 01 Maret 2012 - 13:11 WIB
Percepat pembangunan tol, PT Jasa Marga dibuka di Sumut
Percepat pembangunan tol, PT Jasa Marga dibuka di Sumut
A A A


Sindonews.com
- Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dalam waktu dekat akan mendirikan PT Jasa Marga di Sumatera Utara (Sumut). Pendirian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut untuk mempercepat proses pembangunan ruas jalan tol yang pembiayaannya ditanggung melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Nurdin Lubis mengatakan, rencana pendirian PT Jasa Marga di Sumut diutamakan untuk mempercepat proses pembangunan beberapa ruas jalan tol yang dianggap prioritas seperti Tol Medan-Binjai sepanjang 19,5 km dengan estimasi biaya sebesar Rp2 triliun.

Begitu juga dengan Tol Bandara Kuala Namu-Tebingtinggi sepanjang 56,50 km dengan estimasi biaya Rp6,7 triliun.

Dua jalan tol tersebut mendesak untuk direalisasikan demi mendukung percepatan pembangunan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Indonesia (MP3EI) di Sumut.

“Karena itu dalam waktu dekat PT Jasa Marga akan didirikan di Sumut,” kata Nurdin di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro, Medan, Rabu 29 Februari 2012.

Rencana pendirian tersebut diyakininya secara nyata akan memberikan efek ganda terhadap laju pertumbuhan ekonomi Sumut.

Tak hanya itu, pendirian PT Jasa Marga di Sumut juga akan mempercepat perkembangan pembangunan proyek Crude Palm Oil (CPO) Sei Mangkei sebagai sentra pengembangan produk turunan minyak sawit menjadi produk olahan lain yang bernilai ekonomi tinggi.

Saat ini, kata Nurdin, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho sedang mengikuti rapat dengan Menteri Negara (Menneg) BUMN Dahlan Iskan dan Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto di Jakarta untuk membahas realisasi pendirian PT Jasa Marga. “Dalam waktu dekat akan diketahui kapan itu bisa direalisasikan,” ujarnya.

Sementara Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumut Radil Akhir secara terpisah mengatakan, selain persiapan ruas jalan tol yang menjadi prioritas tersebut, Pemprov Sumut beserta pemerintah kabupaten/kota juga akan melakukan berbagai persiapan untuk merealisasikan rencana pembangunan jalan tol Sumatera seperti yang diputuskan dalam pertemuan di Palembang baru-baru ini.

Persiapan yang dilakukan antara lain dari sisi perencanaan, perizinan, penyediaan lahan, dan pencadangan kawasan ekonomi dalam rangka mendukung kelayakan ruas-ruas tol yang akan dibangun.
Radil memaparkan, beberapa persiapan perencanaan yang sudah dilakukan yakni melakukan prastudi kelayakan pembangunan Tol Kuala Namu–Tebingtinggi sepanjang 35 km, Tebingtinggi–Sei Mangkei sepanjang 50 km dan Sei Mangkei–Kuala Tanjung sepanjang 25 km.

Hal itu telah dilakukan langsung oleh Badan Pengaturan Jalan Tol (BPJT). Khusus untuk Kuala Namu–Tebingtinggi, saat ini sedang dilakukan pembahasan lanjutannya dengan PT Jasa Marga.

Ruas tol tersebut merupakan lanjutan Tol Medan–Kuala Namu yang sudah terikat kontrak antara Ditjen Bina Marga Kementerian PU dengan Harbour Engineering Co.Ltd, China State Construction Engineering Corp.Ltd, dan PT Hutama Karya.

Jika PT Jasa Marga dapat segera didirikan di provinsi, maka diharapkan akan lebih mempermudah pembahasan percepatan pembangunan beberapa ruas jalan tol yang sudah dalam tahap perencanaan. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4742 seconds (0.1#10.140)