Kompensasi kenaikan BBM untuk 74 juta warga

Minggu, 04 Maret 2012 - 13:36 WIB
Kompensasi kenaikan BBM untuk 74 juta warga
Kompensasi kenaikan BBM untuk 74 juta warga
A A A


Sindonews.com - Mengatasi dampak kenaikan bahan bakar minyak (BBM), pemerintah akan memberikan kompensasi kenaikan BBM kepada 30 persen rakyat kalangan terbawah.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, kompensasi kenaikan BBM tidak hanya diberikan kepada masyarakat miskin yang jumlahnya 12,36 persen.

"Tetapi yang diberikan kompensasi 30 persen masyarakat bawah atau 18,5 juta KK atau meliputi 74 juta jiwa," papar Hatta, usai Forum Sosialisasi dan Konsultasi Teknis Wirausaha di ITB, Bandung, akhir pekan lalu.

Artinya, lanjut Hatta, kompensasi tidak hanya untuk warga miskin, tetapi berbagai kalangan seperti guru, UMKM, pelajar atau mahasiswa dan kalangan masyarakat lainnya.

Misanya bantuan untuk transportasi, penambahan PSO untuk angkutan umum, ongkos atau beasiswa bagi siswa sekolah, hingga bantuan beras dan uang bagi warga miskin.

Hatta menyebutkan, pihaknya menyiapkan dana cadangan untuk pangan Rp3 triliun. Dana tersebut untuk menyiapkan bantuan langsung sementara bagi masyarakat.

Dengan adanya bantuan sementara tersebut, Hatta berharap tidak akan buat manja masyarakat. "Rp3 triliun itu cadangan supaya stabil. Raskinnya kita beri selama 14 bulan," bebernya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5147 seconds (0.1#10.140)