Salurkan BLT, benahi dulu soal data!

Senin, 05 Maret 2012 - 11:32 WIB
Salurkan BLT, benahi dulu soal data!
Salurkan BLT, benahi dulu soal data!
A A A
Sindonews.com - Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang akan disalurkan pemerintah setelah kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi, harus memperhatikan poin penting soal data agar pelaksanaan program BLT bisa tepat sasaran.

"Data merupakan poin yang sangat penting untuk dibahas terlebih dahulu, karena menurut penelitian yang dilakukan INDEF itu menunjukkan hanya 30 persen yang benar-benar tepat untuk masyarakat miskin. Karena di desa itu, mulai dari kepala desa yang dapat bantuan tersebut," ungkap pengamat ekonomi INDEF Enny Srihartati seusai menghadiri acara Sindo Radio Hot Topic di Apple Trees Cafe, MNC Tower, Jakarta, Senin (5/3/2012).

Sementara itu, di kesempatan yang sama Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Z Andi Dulung menyatakan bahwa Kementerian Sosial sudah memiliki data yang terbaru, sehingga kesalahan-kesalahan yang terjadi di tahun 2008 lalu dapat dikurangi.

"Jika persoalan jaminan, kalau 100 persen saya akui mohon maaf tidak mungkin tapi dibanding yang lalu, saya rasa makin baik. Nantinya mekanisme akan dilaksanakan by name by addres, jadi bukan jumlah lagi, tapi sudah siapa yang menerima dan alamatnya dimana," tegasnya.

Andy juga mengungkapkan Kementerian Sosial nantinya akan mendorong pemberian bantuan tersebut ke-30 persen masyarakat miskin yang berpenghasilan rendah. Karena dari data yang sudah ada, mencatat 40 persen masyarakat miskin yang berpenghasilan rendah untuk diberikan bantuan.

"Ini bukan merupakan keputusan, karena masih menunggu perundingan pemerintah dengan DPR. Tapi kalau dari kemensos kan lebih banyak masyarakat miskin yang menerima bantuan maka lebih baik," pungkasnya.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5640 seconds (0.1#10.140)