Pemkab Bantaeng gandeng investor kapas

Selasa, 06 Maret 2012 - 13:46 WIB
Pemkab Bantaeng gandeng investor kapas
Pemkab Bantaeng gandeng investor kapas
A A A


Sindonews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng, Sulawesi Selatan (Sulsel) akan menggandeng investor di bidang pembenihan kapas.

Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah mengatakan, pihaknya saat ini tengah mempelajari penawaran yang dimasukkan investor asal Jakarta tersebut. “Kami menargetkan Bantaeng sebagai pusat benih kapas, yang akan menyuplai benih kapas ke beberapa daerah di Sulsel,” ungkap Nurdin, Selasa (6/3/2012).

Alumnus Universitas Kyusu Jepang tersebut mengatakan, pihaknya menyambut baik rencana tersebut, dan mendukung program yang ditawarkan oleh investor kapas itu. Apalagi Bantaeng memang menyiapkan kemudahan di bidang investasi, dengan menyiapkan lahan, serta menjamin keamanan para investor.

Hal itu, kata Nurdin yang juga salah satu guru besar Universitas Hasanuddin Makassar tersebut, dapat membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat Bantaeng dan sekitarnya. Mengenai lokasi yang disipakan, Pemkab sudah menunjuk dua kecamatan yakni Kecamatan Gantarangkeke dan Pa'jukukang.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Agung Lestari Sumba Timur Plantation Tan Prayitno mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan uji coba di Bantaeng dengan luas lahan 1 Hektare, atau sekitar 700 Kg.

Dia mengatakan, di Sulsel memang sudah terkenal dengan penghasil kapas, sehingga pihaknya mencoba untuk membuka kerjasama dengan Bantaeng, yang memang sebelumnya meluncurkan program kabupaten benih berbasis teknologi, yang dianggap bisa mendukung pengembangan kapas.

Pihaknya mengatakan, jika berkembang dengan baik maka produksi kapas bisa mencapai 15 ton. “Kami berharap bisa jalan secepatnya. Jadi kalau benihnya 1 Ha, maka bisa menghasilkan tanaman kapas sekitar 100 Ha,” jelas Prayitno. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6307 seconds (0.1#10.140)