629.866 warga Tasikmalaya belum nikmati listrik

Kamis, 08 Maret 2012 - 11:10 WIB
629.866 warga Tasikmalaya belum nikmati listrik
629.866 warga Tasikmalaya belum nikmati listrik
A A A
Sindonews.com – Sebanyak 629.866 jiwa atau 157.466 KK di Kabupaten Tasikmalaya sampai saat ini belum menikmati listrik, sehingga pada malam hari mereka hanya mengandalkan penerangan melalui lampu tempel atau petromaks.

Kondisi ini diakibatkan lokasi permukiman yang berjauhan dan terpencil sehingga sulit dijangkau jaringan kabel. Berdasarkan data Dinas Pertambangan dan Energi Pemkab Tasikmalaya tercatat 62 persen atau sekitar 1.038.837 warga yang telah menikmati listrik, didasarkan sensus BPS 2010 dengan jumlah penduduk Kabupaten Tasikmalaya 1.675.544 jiwa.

Sementara sisanya, sekitar 629.866 jiwa belum bisa mendapatkan haknya menikmati listrik. Kepala Distamben Pemkab Tasikmalaya Wawan Hermawan mengatakan,pada 2012 ini akan dilakukan pemasangan terhadap 2.850 KK yang merupakan keluarga kurang mampu secara gratis.Rencana tersebut telah disusun serta akan dimulai sekitar Mei atau Juni 2012 mendatang, pemasangan akan dilakukan secara bertahap bekerja sama dengan PLN APJ Tasikmalaya.

“Pemasangan listrik itu akan dilakukan secara gratis, mereka tersebar di 38 desa yang ada 18 kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya, rinciannya sebanyak 2.150 unit merupakan hadiah dari Provinsi Jawa Barat serta 700 unit diambil dari APBD Kabupaten Tasikmalaya, tetapi ini untuk masyarakat kurang mampu saja, seluruh datanya sudah ada dan tinggal siap pasang,” papar Wawan.

Listrik yang dipasang nantinya merupakan satu paket yakni 450 kWh, bila dilakukan pemasangan secara komersial maka nilainya bisa mencapai Rp1,2 juta per satu buah pemasangan. Akan tetapi untuk program ini, masyarakat sama sekali tidak akan dipungut biaya sedikit pun alias gratis ketika pemasangan listrik.

“Yang paling banyak itu berada di Kecamatan Cikalong mencapai 330 KK yang menjadi sasaran pemasangan listrik ini,” jelas Wawan. Selain itu, Distamben Pemkab Tasikmalaya juga akan memasang 256 titik penerangan sarana umum (PSU) di beberapa lokasi yang telah ditentukan. PSU ini sifatnya hanya untuk sarana masyarakat dan di luar fungsi dari sarana penerangan jalan umum (PJU).

Pemasangan listrik secara gratis kepada masyarakat mendorong warga Kabupaten Tasikmalaya mendapatkan hak hidupnya. Sementara itu,tokoh masyarakat Kecamatan Bojonggambir Cucu Rasman menyebutkan, beberapa kampung di wilayahnya sampai saat ini memang belum menikmati sarana penerangan listrik. Saat di konsultasikan ke PLN terkendala dengan pemasangan jaringan berupa tiang dan kabel listrik, kendati hal itu bisa dibantu jika ada swadaya dari masyarakat.

“Hanya masyarakat di sini bukan tidak mau memberikan swadaya, tetapi kondisi perekonomiannya pun sangat sulit.Makanya jika ada program pemasangan gratis dari Pemkab Tasikmalaya, saya berharap kuota ke wilayah Kecamatan Bojonggambir lebih besar.Meskipun memang letak kampungnya satu sama lain berjauhan dan menjadi kendala tersendiri bagi PLN,” ujar Cucu.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8219 seconds (0.1#10.140)