Pemerintah dorong UKM terapkan SNI

Jum'at, 09 Maret 2012 - 14:14 WIB
Pemerintah dorong UKM terapkan SNI
Pemerintah dorong UKM terapkan SNI
A A A


Sindonews.com - Kementerian Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop dan UKM) mendorong pelaku usaha kecil untuk menerapkan standar mutu dan sertifikasi produk. Ini penting agar bisa bersaing di pasar global.

Asisten Deputi Urusan Produktivitas dan Mutu Kementerian Koperasi dan UKM, Emilia Suhaimi mengatakan, sejak berlakunya ASEAN-China Free Trade Area (ACFTA), produk luar negeri, khususnya dari China makin membanjiri pasar Indonesia. Pemerintah Indonesia telah menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk produk impor.

China diketahui telah memborong 670 buku dan dokumen SNI. Hal ini dilakukan agar produk dari Negeri Panda itu sesuai dengan SNI sehingga bisa masuk dengan mulus ke pasar Indonesia.

Melalui penerapan standar, UKM dapat menerapkan petunjuk praktis untuk menghasilkan produk terbaik yang bisa meningkatkan efisiensi, memperbaiki kualitas dan keamanan produk yang dihasilkan dan membuka pasar baru.

“Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) berlaku 2015 mendatang. Nantinya semua produk yang ada di pasaran, harus memenuhi standar SNI. Kami mendorong pelaku usaha kecil, agar produknya sesuai standar,” ujar Emilia di sela-sela Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Penerapan Teknologi Tepat Guna, Standar Mutu dan Sertifikasi Produk, dalam Usaha Agrobisnis, Kamis 8 Maret 2012. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5071 seconds (0.1#10.140)