Telkomsel kembangkan jaringan 4G dengan LTE

Jum'at, 09 Maret 2012 - 19:06 WIB
Telkomsel kembangkan jaringan 4G dengan LTE
Telkomsel kembangkan jaringan 4G dengan LTE
A A A
Sindonews.com - Perkembangan transformasi teknologi telekomunikasi yang saat ini lebih mengarah kepada bisnis layanan data. Menyadari hal tersebut operator seluler Telkomsel siap mengimplementasikan jaringan 4G dengan Teknologi Long Term Evolution (LTE) demi kecepatan akses.

"Mendukung kebutuhan akses layanan data secara optimal. Telkomsel yang memiliki pondasi kuat, siap mengimplementasikan jaringan 4G dengan teknologi Long Term Evolution (LTE) didukung oleh ketersediaan ekosistem device dan layanan data,” kata Head of Corporate Communications Division Telkomsel Ricardo Indra dalam rilisnya, Jumat (9/3/2012).

Ia menjelaskan, keunggulan teknologi LTE dibandingkan teknologi sebelumnya adalah kecepatan transfer data dan mampu memberikan coverage serta kapasitas layanan yang lebih besar. LTE juga berperan dalam mengurangi biaya operasional, mendukung penggunaan multiple-antena, fleksibel dalam penggunaan bandwidth operasi serta dapat terhubung atau terintegrasi dengan teknologi yang sudah ada.

“Operasi jaringan LTE merupakan teknologi telekomunikasi yang menjanjikan, serangkaian keunggulan ini bisa dikategorikan dalam jaringan seluler generasi keempat (4G). Perkembangan teknologi telekomunikasi ini lahir karena meningkatnya kebutuhan layanan data, seperti tren pengguna layanan telekomunikasi di Indonesia saat ini," paparnya.

Tahun ini, Telkomsel memfokuskan pada pengembangan dan kualitas jaringan guna memenuhi kebutuhan komunikasi data. Transformasi jaringan dan teknologi pada IT support, billing, storage dan CRM akan terus dikembangkan Telkomsel dari waktu ke waktu.

Serta untuk menunjang penggunaan jaringan data packet switch, tahun 2011 Telkomsel telah menyiapkan 27 SGSN (Serving GPRS Support Node) dan 10 GGSN (Gateway GPRS Support Node). Semakin besar kapasitas SGSN dan GGSN, semakin besar pula jumlah pelanggan data yang dapat diakomodir oleh jaringan Telkomsel.

"Telkomsel membutuhkan frekuensi ideal yang mampu mendukung teknologi LTE yang pada akhirnya memberikan kenyamanan bagi masyarakat untuk berselancar, mengunduh maupun mengunggah data dengan kualitas optimal," tukasnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9937 seconds (0.1#10.140)